Nih, 5 Hatchback Standar Tenaganya Paling Besar Di Indonesia

Nih, 5 Hatchback Standar Tenaganya Paling Besar di Indonesia

KabarOto.com – Bagi kaum muda di Indonesia, Hatchback menjadi pilihan yang menarik berkat bentuknya yang kompak serta praktis jadi alasan utama kenapa mobil jenis ini begitu populer.

Selain mobil ini cocok digunakan secara individu oleh kaum muda, masih mumpuni bagi keluarga muda yang tidak memerlukan kendaraan terlalu besar. Banyak penggunanya juga rela mengeluarkan dana lebih demi memodifikasi mobilnya agar terlihat keren dan bertenaga.

Performa juga jadi faktor penting nih, apa lagi pastinya jadi kurang asyik ketika tenaga mesin terlalu kecil, sehingga tarikannya terasa kurang bertenaga. Oleh karena itu, KabarOto sudah merangkum 5 mobil city car baru yang punya tenaga paling besar nih.

1. Volkswagen Polo 1.2 VRS

Posisi pertama ditempati oleh mobil asal Jerman nih, yakni VW Polo 1.2 VRS. Loh padahal Cuma 1.200 cc kok lebih bertenaga? Eits, jangan salah dulu sob! Walau berkapasitas silinder kecil tapi mesin ini sudah dibantu teknologi TSI atau dalam kata lain mesinnya turbocharge.

Baca Juga : Profil - Volkswagen Polo 1.2 VRS

Lalu berapa tenaganya? VW Polo dapat memuntahkan sebesar 140 dk dan torsi maksimum sampai 230 Nm, tapi ingat varian VRS yah bukan yang biasa. Karena kalau biasa hanya menghasilkan 105 dk dan torsi 175 Nm. Asyiknya lagi, transmisi Polo sudah mengusung dual clutch 7 percepatan sehingga sangat cepat perpindahan giginya.

2. Honda Jazz

Selanjutnya ada merek Jepang yakni Honda Jazz GK5, mobil ini sangat cocok bagi para kaum muda nih, karena desainnya sporty dan lekukannya bodi cukup agresif. Sudah banyak juga referensi modifikasi terhadap mesinnya tersebut.

Mesin yang digunakan Jazz sendiri berkode L15Z1 sama seperti Mobilio, dengan output tenaga maksimal 118 dk dan torsi 145 Nm. Untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda depan, Honda turut menempelkan 2 pilihan transmisi yakni 5 percepatan manual dan CVT.

3. Mazda 2

Mobil Jepang lainnya datang dari Mazda 2 Skyactiv, sama-sama berkapasitas 1.500 cc tenaga dari mobil ini tertinggal sedikit dengan Honda Jazz. Karena hanya memproduksi 110 dk di putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

Baca Juga : Inilah Tampang Mazda 2 Facelift

Namun Mazda 2 punya kelebihan pada sistem transmisinya menggunakan SKYACTIV Drive. Kabarnya bobot transmisi ini lebih ringan dari lainnya, dan juga respon perpindahan gigi cukup cepat. Karena mengusung teknologi 3 transmisi otomatis yakni convensional biasa, CVT, dan dual clutch.

4. Toyota Yaris

Posisi keempat ada rival abadi Honda Jazz nih, dari Toyota dengan model Yaris. Tapi kalau soal tenaga Yaris terpaut cukup jauh yah dari Jazz. Karena mesin DOHC 2NR-FE 1.500 cc hanya mampu memnyemburkan tenaga 105 dk dan torsi 140,2 Nm saja, tapi itu bukan pelan yah, karena tenaga itu sangat cukup kok untuk penggunaan sehari- hari.

5. Kia Rio

Terakhir ada mobil asal Korea nih, yaitu Kia Rio yang punya desain cukup menarik dan terlihat eksklusif karena sudah ada fitur seperti sunroof sebagai standar, dan juga headunit mengusung Apple Carplay dan Android Auto, serta masih banyak lagi.

Dari sektor jantung pacunya, Rio mendapat mesin Kappa berkapasitas 1.348 cc, 4 silinder D-CVVT, yang mampu menghasilkan tenaga puncak 100 dk pada 6000 rpm, dan torsi 130 Nm pada 4000 rpm. Disambung ke transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 4 percepatan, menarik nih jarang-jarang ada city car menggunakan 6 percepatan.