POPULAR STORIES

Nissan Ciptakan Material Peredam Kabin, Lebih Kedap Dan Ringan

Nissan Ciptakan Material Peredam Kabin, Lebih Kedap dan Ringan

KabarOto.com – Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan mobil adalah kekedapan kabin. Kabin menjadi bagian penting di kendaraan, akan mempengaruhi kenyamanan penumpang dan pengemudinya.

Pihak pabrikan Nissan sangat peduli dengan kenyamanan kabin, salah satunya adalah kekedapan tadi. Kini, pabrikan otomotif Jepang tersebut tengah mengembangkan material insulasi suara lebih inovatif, yaitu acoustic meta-material.

Rencanannya Nissan akan menunjukan terknologi ini pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat. Komponennya pun menarik, karena punya bentuk yang sederhana, seperti sarang lebah. Kemudian di belakangnya ditutupi film plastik.

Baca Juga : Nissan Skyline 400R Sprint Concept Tampil Lebih Siap Balapan

Pihak Nissan mengklaim konfigurasinya dapat mengontrol vibrasi udara dengan membatasi frekuensi kebisingan di 500 hz hingga 1.200 hz. Biasanya, frenkuensi itu dihasilkan dari gesekan ban dengan jalan dan suara mesin.

Kemampuan ini setara dengan peredam karet berat yang biasa digunakan pabrikan pada umumnya, berfungsi untuk menjaga kualitas kekedapan kabin.

Baca Juga : Tokyo Auto Salon 2020 Pecahkan Lagi Rekor Pengunjung

Sebenarnya pihak Nissan telah mengembangkan meta-material sejak 2008 lalu. Namun kala itu, pengaplikasiannya relatif terbatas. Kebanyakan digunakan pada antena bersensitivitas tinggi untuk kebutuhan penelitan gelombang elektromagnetik.

Seiring berjalannya waktu, para teknisi melihat adanya penggunaan bahan lain yang melibatkan gelombang suara. Dan akhirnya berujung pada pembuatan acoustic meta-material.

Lantas apa perbedaanya? Acoustic meta-material ini diklaim punya bobot sangat ringan. Bahkan 75 persen atau hanya seperempat dari peredam karet yang biasa digunakan pada bagian mobil. Bobot ini tentunya mempengaruhi banyak hal, seperti performa dan efisiensi bahan bakar pada mobil.

Baca Juga : Generasi Baru Nissan X-Trail Akan Menggunakan Teknologi E-Power

Inovasi seperti ini membutuhkan dana produksinya sama seperti peredam karet. Bahkan bisa lebih murah, tentu akan menjadi benefit sendiri, karena harga mobil bisa tereduksi dari pengurangan biaya produksi.

Namun belum ada informasi lebih lanjut apakah bahan insulasi terbaru ini akan disematkan ke model Nissan terbaru dalam waktu terdekat.

Tetapi, rencananya inovasi ini akan terpasang pada mobil konsep Ariya. Sebuah Crossover listrik yang dilengkapi berbagai fitur inovatif Nissan terbaru.

Tak hanya acoustic meta-material. Termasuk ProPilot 2.0 yang dapat melaju secara otonom, lalu twin-motor all-wheel-control system dan Smart Route Planner.