POPULAR STORIES

Nissan Skyline GT-R R33 Seharga Rp30 Miliar, Apa Spesialnya?

Nissan Skyline GT-R R33 Seharga Rp30 Miliar, Apa Spesialnya?

KabarOto.com – Nissan Skyline GT-R memang jadi dambaan para pecinta mobil khususnya sport JDM. Mobil yang identik dengan julukan Godzilla itu selalu menarik dari segi desain maupun performa mesin, walau umurnya sudah sekitar tiga dekade lalu.

Namun walau mobil tua, bukan berarti nilai jualnya turun. Bahkan bisa melebihi harga mobil sport baru di zaman sekarang.

Contohnya Skyline GT-R NISMO 400R tahun 1996 super langka yang dijual Harlow Jap Autos, mereka mencantumkan harga US$ 2,176 juta atau setara Rp 30 miliar, dengan odometer menunjukkan angka 38.000 mil atau 61.000 km lebih.

Baca juga: Nissan GT-R R32 Godzilla Drag Race Dari Veilside Mejeng Di Tokyo Auto Salon 2022

Berbeda dari yang lain, mobil ini mendapat warna Deep Marine Blue. Faktanya, ini adalah GT-R V-Spec terakhir dalam warna ini yang membuatnya jauh lebih langka. Selain itu, dari 40 mobil Skyline GT-R NISMO 400R hanya 19 unit dipastikan masih eksis hingga sekarang.

Perbedaan dengan lainnya adalah kap mesin berbahan karbon model Le Mans, lebarnya menambah sekitar 50 mm dari overfender-nya, penggunaan spoiler adjustable berbahan karbon, terdapat emblem khusus dan livery khusus di sisi bodi membuatnya semakin eksklusif.

Peleknya pun berbeda, yakni Nismo LM/GT1 konstruksi 3 piece ukuran 18 inci lebar 10. Dibalut ban performa tinggi dari Bridgestone RE710Kai ukuran 275/35. Sistem pengereman menggunakan kampas rem Nismo, dan suspensi diracik oleh Bilstein.

Baca juga: Mengenal Nissan Skyline GT-R 400R Yang Sangat Langka

Di bawah kap, Skyline GT-R NISMO 400R mengandalkan mesin berkode RB-X- GT2, 6 silinder segaris twin turbocharger berkapasitas 2.771 cc garapan Reinik, anak perusahaan dari Nissan. Dengan berbagai komponen internal performa tinggi, serta exhaust system bahan titanium, hasilnya tenaga mencapai 400 dk pada 6.800 rpm, dan torsi 470 Nm.

Melihat bagian dalam, jok bucket seat garapan Nismo, lalu panel speedometer khusus 400R, tuas transmisi berbahan titanium, stir racing dengan tombol klakson berlogo 400R, serta gauge menunjukkan Boost, oil pressure, serta torsi.