Mengenal Nissan Skyline GT-R 400R Yang Sangat Langka

Mengenal Nissan Skyline GT-R 400R Yang Sangat Langka Sumber : Evo.co.uk

KabarOto.com – Seperti yang kita ketahui, dulunya Nissan GT-R merupakan varian performa tinggi dari Nissan Skyline hingga masa akhirnya pada generasi R34. Setelah itu, generasi R35 dilanjutkan oleh GT-R saja, sementara Skyline menjadi line up Infiniti.

Pada masa generasi R32, R33, hingga R34 bisa dibilang mobil ini menjadi sebuah legenda otomotif mobil Japan Domestic Market (JDM), karena performanya yang dahsyat dan banyak memenangkan berbagai ajang balap hingga diberi julukan sebagai Gojira atau Godzilla.

Namun apa kalian tahu? Ternyata ada Skyline yang benar-benar spesial nih, namanya adalah Skyline GT- R 400R. Mobil khusus dibuat untuk memperingati jasa Skyline GT-R R33 LM, yang pernah mengikuti balap ketahanan 24 jam Le Mans tahun 1995 dan 1996.

Baca Juga : Asal Mula Sebutan Godzilla Pada Nissan GT-R

400R ini dibangun menggunakan basis GT-R R33, perbedaan untuk eksteriornya adalah body dari 400R semua digarap oleh Nismo yang punya fungsional lebih setiap lekukannya. Seperti body kit-nya, Nismo sengaja membuat banyak lubang pada bumper depan agar aliran angin bisa masuk mendinginkan rem serta menyuplai udara lebih ke ruang mesin dan radiator.

Selain itu, terdapat kap mesin berbahan karbon model Le Mans, lebarnya menambah sekitar 50 mm karena overfender. Lalu ada penggunaan double spoiler adjustable berbahan karbon, serta emblem khusus membuatnya semakin eksklusif.

Baca Juga : Mengenal Silsilah Generasi Monster “Godzilla” Nissan GT-R

Soal kaki-kaki, 400R menggunakan pelek besutan Nismo LM/GT1 konstruksi 3 piece ukuran 18 inci lebar 10. Dibalut ban performa tinggi dari Bridgestone RE710Kai ukuran 275/35 R18. Sementara sistem pengereman memang bukan BBK tapi kampas rem sudah pakai kepunyaan Nismo, dan asyiknya lagi, suspensi mobil ini lansiran Bilstein, loh.

Beralih ke sektor jantung pacu, 400R punya mesin spesial yakni berkode RB-X- GT2, 6 silinder segaris, 2.771 cc, twin turbocharger garapan Reinik yakni anak perusahaan dari Nissan. Dengan berbagai komponen internal performa tinggi, serta exhaust system bahan titanium, mobil ini mampu memproduksi tenaga sebenar 400 dk pada 6800 rpm, dan torsi 470 Nm.

Masuk ke dalam kabinnya, kita akan masih menemukan interior R33 standar tapi ada ubahan nih. Misalnya jok bucket seat garapan Nismo, lalu panel speedometer khusus 400R, tuas transmisi berbahan titanium, stir racing dengan tombol klakson berlogo 400R, serta gauge menunjukkan Boost, oil pressure, serta torsi.

Kabarnya mobil ini begitu langka, sebab dari rencananya 400R akan diproduksi 100 unit, namun kenyataannya hanya jadi sekitar 44 unit saja seluruh dunia. Oleh karena itu, Skyline GT-R begitu spesial.