POPULAR STORIES

Nissan Unjuk Kehebatan Sistem AWD Listrik E-4orce Melalui Nampan Bermotor Listrik

Nissan Unjuk Kehebatan Sistem AWD Listrik E-4orce Melalui Nampan Bermotor Listrik Nampan bermotor listrik mengantar ramen (Dok: Nissan)

KabarOto.com - Nissan dikenal sebagai salah satu pabrikan mobil asal Jepang yang mempromosikan teknologi pada mobil produksinya ke dalam bentuk lain.

Terbaru, Nissan memperkenalkan sebuah mobil listrik mungil yang bisa menyajikan semangkuk ramen ke atas meja tanpa tumpah. Di mana, penggeraknya menggunakan sistem AWD listrik e-4orce yang digunakan oleh Nissan Ariya EV.

Baca juga: Nissan GT-R R35 Liberty Walk 1.500 Dk, Hypercar Killer

Demonstrasi berlangsung di sebuah restoran Jepang. Awalnya, koki menaruh mangkuk ramen di kendaraan yang disebut oleh Nissan sebagai nampan server bermotor. Lalu nampan bermotor tersebut membawa mangkuk berisi ramen ke pelanggan melalui konter.

Awalnya, semua orang mengira kendaraan otonom akan menumpahkan ramen selama deselerasi karena melaju cukup cepat. Namun, berkat teknologi Nissan e-4orce, ramen tetap berada di dalam mangkuk dan semua pelanggan dengan senang hati menikmati makanan.

Baca juga: Motul Resmi Gandeng Mobil Balap Nissan Z GT500 Nismo Super GT

Untuk menyelesaikan misinya, baki server ramen e-4orce dilengkapi dengan dua motor listrik, satu di setiap poros, yang beroperasi secara independen. Berkat penyetelan khusus dari para insinyur Nissan, mereka menghasilkan akselerasi dan deselerasi yang mulus, serta mengurangi goyangan kendaraan depan dan belakang.

Sebagai informasi, teknologi kontrol semua roda e-4orce menggunakan pengereman regeneratif motor depan dan belakang selama deselerasi, hal tersebut diklaim meminimalkan kemiringan kendaraan dan menukik. Menurut Nissan, hal ini mengurangi mabuk perjalanan dan meningkatkan kenyamanan berkendara bagi penumpang.