POPULAR STORIES

Nissan X-Trail Generasi Keempat Dibanderol Mulai Rp347 Jutaan

Nissan X-Trail Generasi Keempat Dibanderol Mulai Rp347 Jutaan Nissan X-Trail generasi keempat (Foto: Nissan)

KabarOto.com - Nissan X-Trail generasi keempat meluncur di Jepang. Di mana, SUV ini hadir dalam bentuk elektrifikasi dengan sistem hybrid dan penggerak 2WD dan 4 WD (e-4ORE).

Powertrain hybrid self-charging baru menggabungkan rasio kompresi variabel mesin bensin 3 silinder VC-Turbo 1.500 cc dengan sistem e-POWER generasi kedua. Sistem hybrid diklaim mendapatkan peningkatan dalam hal performa, kehalusan, dan ketenangan dibandingkan dengan pendahulunya. Nissan X-Trail baru berbagi arsitektur CMF-C dengan Mitsubishi Outlander.

Nissan tidak mengumumkan spesifikasi rinci dari powertrain, tetapi mengatakan bahwa mesin pembakaran tidak terhubung ke roda, membatasi perannya sebagai generator untuk motor listrik. Untuk varian 4WD menampilkan sistem penggerak seluruh roda elektrik e-4ORCE dengan motor listrik ganda, mirip dengan yang digunakan oleh Nissan Ariya. Selain itu, Nissa X-Trail juga dilengkapi teknologi e-Pedal Step yang menerapkan pengereman regeneratif saat pengemudi mengangkat gas.

Baca juga: Nissan Serena Penggerak Mild Hybrid Meluncur Di Malaysia

Area kabin Nissan X-Trail baru

Desain Nissan X-Trail baru terlihat hampir identik dengan Nissan Rogue yang diperkenalkan pada akhir 2020. Model ini menggabungkan desain split headlight, gril V-motion chrome, dan skid plate aluminium.

Di Jepang SUV ini tersedia dalam 12 warna bodi termasuk Cardinal Red dan lima konfigurasi dual-tone. Ada juga trim X yang tampak lebih tangguh dengan pelat selip yang berbeda dan pelek yang unik, ditambah versi khusus oleh Autech.

Masuk area kabin, terdapat kluster instrumen digital 12,3 inci dengan dua mode tampilan, layar sentuh 12,3 inci untuk infotainment, plus head-up display 10,8 inci. SUV ini memiliki tata letak lima kursi dengan bagasi yang diklaim paling besar di kelasnya, ada juga varian tiga baris dengan tujuh kursi.

Baca juga: Nissan Kicks Jepang Dapat Peningkatan Sistem E-Power

Tampilan belakang

Nissan X-Trail baru dibekali fitur-fitur baru, seperti Bose Premium Sound System yang khusus disetel untuk X-Trail, stopkontak 100V AC dengan output maksimum 1.500 Watt, dan banyak pilihan penyesuaian untuk jok (kain hitam, kulit Nappa tan premium, Tailor Fit, dan bahan Cell-Cloth anti air).

Untuk keselamtan berkendara, tersedia juga fitur Nissan Safety Assist 360 dengan kamera, radar, dan sonar yang memantau sekeliling, sistem ADAS untuk fungsi semi otonom sebagai bagian dari rangkaian ProPILOT Nissan.

Soal harga, Nissan X-Trail baru dibanderol mulai Rp 347 jutaan untuk varian S 2WD hybrid hingga Rp 488 jutaan untuk varian G e-4ORCE 4WD hybrid. Model terbaru ini akan tersedia mulai 25 Juli mendatang.