POPULAR STORIES

Nostalgia "KTM Inul", Pesaing Honda Supra Tahun 90-an

Nostalgia "KTM Inul", Pesaing Honda Supra Tahun 90-an Iklan KTM Inul muncul tahun 2005 (Foto: KTM Kingtown Tian Ma)

KabarOto.com - Pada tahun 1990-an hingga 2000-an, pasar sepeda motor Indonesia banyak kedatangan motor Tiongkok. Pilihannya cukup banyak dan harga lebih terjangkau, membuat merek Jepang sempat ketar-ketir.

Salah satu merek Tiongkok yang populer di Indonesia saat itu adalah KTM Kingtown Tian Ma atau lebih dikenal KTM Inul, menjadi pesaing Honda Supra, Karisma, dan Yamaha Jupiter.

Julukan KTM Inul bukan tanpa alasan, pasalnya pihak pabrikan menggandeng Inul Daratista sebagai bintang iklannya. Ini merupakan strategi yang tepat, mengingat pamor Inul begitu melekat bagi masyarakat desa di daerah-daerah pada saat itu.

Baca Juga: Imbas Rangka ESAF Harga Skutik Bekas Honda Turun Drastis

Pada iklan promosi pun menjadi unik, sebab slogan yang dihadirkan masih teringat hingga saat ini. Di mana, dalam iklannya menyebutkan "Kate Siape? KTM dong ah!."

Produk KTM Kingtown Tian Ma

KTM Inul diluncurkan pada tahun 2005, desain dan spesifikasinya mirip-mirip dengan motor Jepang. Tapi, dipasarkan dengan harga lebih terjangkau.

Salah satu produknya adalah Power Hit, secara tampilan mirip Honda Supra Fit. Harganya Rp 7 jutaan, lebih murah Rp 3-4 juta dari Supra Fit.

Baca Juga: Rangka ESAF Honda Dapat Komentar Negatif Dari Konsumen Dan Netizen

Selain Power Hit, KTM Kingtown Tian Ma juga meluncurkan beberapa motor dengan harga yang terjangkau, yakni Power K mirip dengan Honda SupraX, Power Axima 100 mirip Honda Karisma, dan Power MX yang mirip dengan Yamaha Jupiter MX.

Ada juga Paris 125, mengingatkan kita dengan Yamaha Mio generasi awal. Terakhir Milan 125, bentuknya seperti Yamaha Fino.

Berita Terkait

Berita Terkait