POPULAR STORIES

Nyetir Mitsubishi Xpander Dari Semarang Ke Solo, Apa Rasanya?

Nyetir Mitsubishi Xpander dari Semarang ke Solo, Apa Rasanya? Rio Fajar

KabarOto.com – Biasanya, test drive mobil baru untuk media tak berselang lama setelah peluncurannya. Namun, euforia pembeli Mitsubishi Xpander ternyata membuat program ini mesti menunggu sekitar 6 bulan. KabarOto termasuk yang beruntung kedapatan nyetir langsung LMPV andalan Mitsubishi ini dari Semarang ke Solo.

“Sebab kita harus mendahulukan produksi untuk konsumen. Makanya unit untuk media test drive agak telat. Rutenya sengaja kita pilih ini, karena kondisinya terbilang lengkap, mulai dari jalan tol, tanjakan dan turunan curam, juga jalan provinsi biasa,” terang Imam Choeru Cahya - Head of Sales & Marketing Group PT. MMKSI.

Baca Juga: Pabrik Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Ramah Lingkungan

KabarOto kebagian Mitsubishi Xpander varian Ultimate bertransmisi otomatis. Rutenya tak melewati jalan biasa, namun melambung melalui taman wisata Kopeng Treetop Adventure Park, lalu ke Ketep Pass dan mampir di pusat kerajinan tembaga AA Gallery, melewati kota Boyolali dan akhirnya istirahat di Solo.

Pertama soal posisi duduk. Mencari posisi ergonomis terasa mudah, sebab pengaturan jok Mitsubishi Xpander terbilang lengkap, mulai dari sliding, naik turun jok dan fitur reclining, termasuk setir yang bisa diatur tilt dan telescopic-nya.

Baca Juga: Bikin Mitsubishi Xpander Tambah Nyaman, Pasang Arm Rest Buatan Vertue

Pun saat sudah duduk, daya pandang ke luar terasa lapang dan sebagai LMPV, Mitsubishi Xpander terasa seperti MPV di kelas atasnya, berkat permukaan dasbor yang terasa luas dan jarak ke kaca depan yang jauh, ala Delica.

Melalui jalanan menanjak dan turunan curam, tenaga dari mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.5 liter, yang disalurkan melalui transmisi otomatis 4 percepatan terasa pas, walau kadang butuh kickdown ketika bertemu tanjakan yang curam.

Melaju di jalan tol antara Semarang hingga Solo, performa Mitsubishi Xpander terasa menyenangkan

Didukung teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control), KabarOto beriringan dengan rombongan yang terkadang mesti ngebut dan injak pedal gas lebih dalam saat bertemu tanjakan curam. Konsumsi BBM selama perjalanan sekitar 85 km menghasilkan angka di kisaran 10,2 km/liter.

Oh iya, fitur keselamatan Mitsubishi Xpander terbilang lengkap. Salah satu yang efektif terpakai adalah Hill Start Assist (HSA). Jadi usah khawatir mobil bakal mundur saat ingin melaju lagi di tanjakan curam. Karena rem masih akan aktif selama beberapa detik, sampai pedal gas diinjak, untuk mencegah mobil meluncur mundur.

Tunggu pembahasan lebih lengkap Mitsubishi Xpander di KabarOto yaa…

Berita Terkait

Berita Terkait