POPULAR STORIES

OLX IMX 2023 Dipenuhi Pecinta Modifikasi, Dua Merek Body Kit Lokal Hadirkan Produk Baru

OLX IMX 2023 Dipenuhi Pecinta Modifikasi, Dua Merek Body Kit Lokal Hadirkan Produk Baru Demonsta Aero meluncurkan produk baru.untuk Subaru BRZ (Foto: IMX)

KabarOto.com - OLX Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX IMX 2023) yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), 29 September sampai 1 Oktober 2023, mendapat sambutan cukup hangat dari masyarakat. Dua merek body kit produksi Indonesia, yaitu Coga Body Kit dan Demonsta Aero meluncurkan produk baru.

Coga Body Kit hadir secara eksklusif untuk Hyundai Ioniq 5, dibuat menjadi gaya street racing. Proses modifikasi digarap oleh Platinum Auto Workshop (PAW), dan menggandeng cat Belkote Paints, menghasilkan warna merah muda di bagian bodi, dipadu setup kaki-kaki meaty fitment.

Baca Juga: Coga Rilis Bodykit Keren Untuk Hyundai Ioniq 5 Di IMX 2023

Sementara Demonsta Aero, khusus untuk Subaru BRZ generasi kedua. Dalam pameran ini, bodi kit terpasang pada Subaru BRZ milik Drifter profesional Indonesia, Akbar Rais. Kolaborasi juga dilakukan bersama para pegiat industri modifikasi dan aftermarket, seperti merek stiker otomotif Maxdecal, bengkel modifikasi ZC Distromotive, HSR Wheel, dan Accelera.

Beberapa tokoh nasional hadir dalam pameran, salah satunya adalah Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu, menyampaikan peran besar para pegiat industri modifikasi dan aftermarket memajukan dunia otomotif, agar menjadi kontributor dalam kemajuan skena otomotif Indonesia.

Andre Mulyadi, IMX Project Director mengatakan, peran dan keterlibatan semua elemen industri modifikasi dan aftermarket Indonesia saat ini semakin solid, dan sudah mulai membuka kolaborasi bersama sub sektor industri kreatif lainnya.

Ganjar Pranowo hadiri IMX 2023 (Foto: IMX 2023)

“Sejak awal digelar IMX pada 2018 lalu, kami senantiasa merangkul semua elemen industi kreatif untuk berani menuangkan ide kreatif di ajang pameran," terang Andre. Meski begitu, banyak perbedaan muncul, justru menjadi sebuah penguat kebersamaan dalam upaya bersama memajukan industri modifikasi dan aftermarket Indonesia.

Terlebih lagi, asosiasi modifikasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) terus mengupayakan aturan jelas tentang kendaraan modifikasi di Indonesia.

Salah satunya dengan menginisiasi terbitnya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Industri Kendaraan Modifikasi, memuat Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Industri Modifikasi bersama Kementerian Perindustrian.

“NMAA bersama Kemenperin RI menghadirkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), jasa industri modifikasi kendaraan bermotor, agar memiliki standardisasi kerja dan memiliki daya saing di kancah internasional," terang Andre.

Hyundai Inoq 5 gunakan bodi kit buatan lokal (Foto: IMX)


Setelah dua karya kolaborasi tuner modifikasi lokal dan tuner modifikasi internasional Liberty Walk dirilis secara langsung di hari pertama.

Baca Juga: Rolls-Royce Silver Shadow II Bekas Seorang Ratu Mejeng Di IMX 2023

Semakin banyak produk aftermarket yang diproduksi dari dalam negeri, akan menjawab permintaan ekspor. Terutama produk body kit Indonesia yang saat ini sukses menembus 80 persen pasar ekspor ke berbagai negara. "Termasuk pasar Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya" tambah Andre.

Berita Terkait

Berita Terkait