POPULAR STORIES

One Way Disiapkan Mengantisipasi Lonjakan Arus Mudik Di Tol Trans Jawa

One Way Disiapkan Mengantisipasi Lonjakan Arus Mudik di Tol Trans Jawa Saat libur lebaran, tol Trans Jawa akan diberlakukan one way

KabarOto.com - Seiring mulai longgarnya aturan pemerintah terkait Covid-19, membuat banyak masyarakat yang berancang-ancang melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pada libur Idul Fitri yang jatuh pada awal Mei 2022 mendatang.

Mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) sudah mempersiapkan berbagai cara, agar lalu lintas di beberapa daerah khususnya pulau Jawa tidak padat dan meminimalisir kemacetan.

Baca juga: Meski Padat, Jalan Tol Trans Jawa Masih Terpantau Tak Ada Kecelakaan

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menjelaskan, Kemenhub telah melakukan koordinasi untuk menghadapi mudik tahun ini. Beberapa hal yang sudah direncanakan dan sedang proses studi. Salah satunya menerapkan kebijakan one way (jalur satu arah), sama seperti yang dilakukan tahun 2019 lalu.

Tol Trans Jawa (Foto: Istimewa)

"Mungkin kita akan gunakan skema sama seperti 2019. Tapi ini masih jadi tahapan perencanaan kita. Kalau dahulu di 2019 ada one way, ini lagi dilakukan penelitian dulu," terang Budi, di Kawasan Senayan, Sabtu kemarin (12/03). Survei tahap satu oleh biro litbang kemenhub sudah dilakukan, akan berlanjut studi tahap kedua.

Baca juga: Meski Kapasitas Oli Mesin Lebih Sedikit, Hino Klaim Busnya Andal Di Tol Trans Jawa

"Namun kemarin pak menteri minta ada survei kedua, dan itu akan dijadikan sebagai referensi untuk policy management traffic untuk angkutan lebaran 2022," tambah Budi. One way ini tahun 2019 lalu diyakini bisa mengurai kemacetan.

Bahkan, dalam kondisi normal (tidak libur panjang) kebijakan one way di Tol Trans Jawa terbilang sukses. Sistem satu arah ini akan diberlakukan setelah keluar Gerbang Tol Utama atau Km 70 sampai Km 263 Tol Brebes Barat. Saat itu, arus lalu lintas menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur lancar.