Opel Corsa E-Rally Menjadi Mobil Listrik Pertama Dalam Kejuaraan

Opel Corsa e-Rally Menjadi Mobil Listrik Pertama dalam Kejuaraan

KabarOto.com – Opel sebagai produsen mobil asal Jerman meluncurkan mobil listrik reli pertama dunia, diberi nama Corsa e-Rally, basis produksi mobil ini berasal dari model Opel Corsa-e dan akan memulai debutnya di hadapan publik pada ajang Frankfurt International Motor Show 2019.

Mobil ini juga akan berpartisipasi di kejuaraan ADAC Opel e-Rally Cup 2020 menggantikan Adam R2, kejuaraan ini merupakan kolaborasi antara Opel dan ADAC, sekaligus menjadi kejuaraan reli pertama yang menggunakan mobil listrik.

Kompetisi ini merupakan ajang bergengsi bagi pembalap muda dari seluruh dunia yang akan dilaksanakan pada musim panas 2020. Melalui kompetisi ini, Opel menampilkan 15 mobil e-Corsa Rally akan bersaing dalam kejuaraan ADAC Opel e-Rally Cup menggantikan ADAC Opel Rallye Cup.

Baca juga: Bridgestone Ikut Andil Dalam Perkembangan Kendaraan Listrik

Opel Corsa e-Rally menggunakan motor listrik bertenaga 134 dk dan torsi maksimal 260 Nm, sama dengan mesin yang digunakan Corsa-e. Sebagai mobil listrik, Opel membekalinya dengan baterai lithium-ion berkapasitas 50 kWh untuk memberi tenaga motor listriknya, baterai ini dapat diisi ulang dengan cepat dan dapat mencapai kapasitas 80% hanya dalam 30 menit.

Baterai mobil ini dapat diisi ulang melalui wallbox atau charger bertegangan tinggi. Pemilik dapat mengecek kapasitas baterai yang tersedia secara jarak jauh melalui aplikasi “myOpel” bisa diakses melalui smartphone.

Opel mengklaim bahwa Corsa-e Rally menghadirkan kesenangan berkendara dan pengendalian dinamis yang sama seperti mobil produksi mereka, namun diperkuat dengan komponen khusus untuk menjamin keselamatan pengemudi saat reli.

Baca juga: Kembangkan E-AMMDes, Kemenperin Gandeng Kampus Dan Perusahaan Swasta

Opel Corsa e-Rally dilengkapi dengan suspensi khusus, roll-cage ringan, pelindung mesin di bagian bawah bodi mobil, pemadam listrik api di kap mesin, kap dan pintu belakang yang dapat dibuka paksa saat keadaan darurat dan high-voltage safety warning system.

Secara dimensi, bentuk mobil ini memiliki ukuran lebar dan tinggi lebih besar hingga 5 mm dari Corsa-e, wheelbase direnggangkan 2 mm dan sebagai penggerak roda depan.

Sebagai mobil rally, terdapat peralatan dan aksesoris khusus balap reli seperti layar dengan data logger, ESP, Traction Control, memiliki diferensial torsi-sensing (Torsen), roda berukuran 17 inci dengan ET20 offset, Tripmaster atau perangkat khusus reli dan sistem pencahayaan tambahan.

Sebagai mobil kencang, perlu diimbangi dengan sistem pengereman yang mumpuni. Opel membekali e-Corsa Rally menggunakan rem cakram berukuran 232 mm di depan dan 264 mm di belakang dengan kaliper 4 piston. Rem tangan menggunakan rem hidrolik "fly-off" untuk pengereman yang optimal dan stabil saat di tikungan tajam. Sayangnya, tidak ada sistem pengereman ABS pada mobil rally ini.

Berbicara soal harganya, Mobil listrik yang diproduksi oleh Opel Motorsport ini akan dibanderol kurang dari €50,000 atau setara Rp 788 juta. (Nora Dian Pratama)