POPULAR STORIES

Bridgestone Ikut Andil Dalam Perkembangan Kendaraan Listrik

Bridgestone Ikut Andil Dalam Perkembangan Kendaraan Listrik Foto: KO/ Bridgestone

KabarOto.com - Bridgestone Corporation bersama Laboratorium Fujimoto dari program Pascasarjana Frontier Sciences di University of Tokyo mengumumkan perluasan program penelitian dan pengembangan sistem pengisian nirkabel praktis pada motor di roda yang dipasang pada kendaraan listrik (EV).

Proyek ini juga bertujuan untuk menekan CO2. Di Jepang, total emisi CO2 sebesar 1.227 juta ton per tahun, 15% (184,5 juta ton per tahun) disebabkan oleh emisi dari mobil. Oleh sebab itu, pabrikan mobil di seluruh dunia telah mempromosikan pengembangan kendaraan listrik.

Terkait dengan tren ini diharapkan akan mengeluarkan peraturan tentang emisi CO2 yang dihasilkan mobil pada tahun 2020.

Dalam proyek penelitian dan pengembangan ini, University of Tokyo bertanggung jawab dalam perumusan dan pengujian konsep pengisian daya listrik nirkabel pada saat berjalan yang terjadi pada motor yang terletak di roda kendaraan.

Baca Juga: Bridgestone Perkenalkan Potenza S007A, Ban Sport Untuk Semua Kondisi Jalan

NSK akan mengawasi pengembangan motor di bagian roda yang lebih mudah dimasukkan ke dalam kendaraan dengan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan melalui proyek-proyek motor roda sebelumnya.

Jadwal kedepannya untuk proyek ini termasuk dari sisi desain, prototipe, dan verifikasi motor di roda hingga akhirnya produksi kendaraan listrik yang sudah dilengkapi dengan motor tersebut. Selanjutnya fase pengujian verifikasi ditargetkan pada tahun 2025.

Sementara Bridgestone akan memimpin proses pengembangan ban untuk membuat pasokan listrik yang sangat efisien terhadap motor roda saat pengisian dengan menggunakan teknologi material pada ban.

University of Tokyo, NSK, dan Bridgestone telah sepakat untuk membuat hak paten dasar yang terkait dengan proyek ini.