POPULAR STORIES

Optimalkan Fasilitas, Tersedia 7 Toilet Bagi Penyandang Disabilitas Di Tol Trans Jawa

Optimalkan Fasilitas, Tersedia 7 Toilet Bagi Penyandang Disabilitas di Tol Trans Jawa Rest Area di Tol Trans Jawa

KabarOto.com - Menjelang arus mudik, PT Jasa Marga terus mengoptimalkan rest area yang menjadi salah satu fasilitas penting selaman perjalanan. Khususnya di rest area 207A Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci). Pengoptimalan ini mencakup penambahan fasilitas hingga petugas di lapangan.

Ada beragam fasilitas yang bisa ditemui sobat KabarOto saat beristirahat di rest area 207A. Seperti top up e-Toll, ATM mobile, BBM modular, toilet portable, posko kesehatan, pos keamanan, serta berbagai rambu penunjang lainnya.

Pada rest area ini juga terdapat 38 tenant UMKM, juga beberapa tenant besar lain. Untuk ibadah, di sini juga disediakan masjid dan mushola. Bahkan daya tampungnya cukup besar loh, yaitu 180 hingga 300 jamaah.

Baca Juga: Libur Lebaran, Jakarta Fair 2019 Malah Buka Sejak Pagi Loh

Bekerja sama dengan Pertamina, SPBU di area dipastikan ketersediaan BBM untuk para pemudik. Menjaga keamanan serta kebersihan agar selalu kondusif dan layak pakai, di area ini petugasnya juga ditambah. Rest area ini juga dilengkapi CCTV loh, saat ini sudah terpasang 28 unit dan akan ditambah sebanyak 20 unit.

Rest area 207A mampu menampung kendaraan kecil hingga 600 unit, sedangkan kendaraan besar sebanyak 60 unit. Tidak lupa salah satu fasilitas terpenting yaitu toilet, rest area ini juga dilengkapi dengan 76 unit toilet pria beserta urinoir dan 54 toilet wanita.

Kerennya, Jasa Marga bersama sejumlah kelompok usahanya juga memberikan fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas. Sebanyak tujuh toilet di Jalan Tol Trans Jawa dibangun secara khusus untuk penyandang disabilitas pria dan wanita.

Empat dari tujuh toilet bagi penyandang disabilitas tersebut telah selesai dibangun dan tersebar di beberapa area. Yaitu di Rest Area 207 A, 519 A, 597 A, dan 597 B. Sementara itu, masih ada pembangunan tiga toilet lagi bagi penyandang disabilitas lainnya, yaitu di Rest Area 725 A, 575 A, dan 575 B.

Hal ini dilakukan guna menambah kenyamanan pemudik khusus penyandang disabilitas yang melewati Jalan Tol Trans Jawa. Fasilitas rest area tidak luput dari perhatian Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, ketika meninjau kesiapan jalan tol dari Cikarang hingga Brebes pada (19/05) kemarin.

Baca Juga: Kebijakan Satu Arah Di Tol Trans Jawa Diberlakukan, Perhatikan Tanggal Dan Rutenya

Fasilitas rest area memang tak luput dari perhatian Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat dirinya meninjau kesiapan jalan tol menghadapi arus mudik dan balik dari Cikarang hingga Brebes, Minggu (19/5).

"Para pengguna jalan tol dapat menghindari kepadatan di rest area jalan tol dengan juga memanfaatkan rest area di jalan arteri, atau sekedar menikmati kuliner dan destinasi wisata di sekitarnya," himbau Budi.

Kebijakan satu arah atau one way di dalam tol selama puncak arus mudik dan arus balik diyakini dapat memperbaiki kualitas jarak tempuh. Namun penyelenggara jasa tol dan rest area tetap memperhitungkan jarak tempuh dan istirahat para pemudik, khususnya penyandang disabilitas.