Pabrik Honda Civic Type R Di Inggris Stop Beroperasi

Pabrik Honda Civic Type R Di Inggris Stop Beroperasi

KabarOto.com – Setelah beroperasi selama 36 tahun, pabrik Swindon yang berlokasi di Inggris secara resmi stop beroperasi pada Rabu (28/7).

Penutupan pabrik yang dikenal dengan pusat produksi untuk Honda Civic Type R ini, sudah terdengar sejak tahun 2019. Selain pabrik Swindon, Honda juga akan menutup beberapa pabrik di Turki pada tahun ini.

Baca Juga : Peringati Usia 20 Tahun, Honda Fit Hadirkan Varian Spesial

Pabrikan mobil asal Jepang beralasan bahwa penutupan beberapa pabriknya ini merupakan salah satu langkah untuk menyambut era kendaraan elektrifikasi.

Sebagai informasi, fasilitas produksi Honda Swindon ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 150 ribu unit per tahun. Produk lain yang diproduksi di pabrik ini ada Honda Civic dan CR-V.

Baca Juga : Cari Body Kit Honda Jazz GK5? Coba Cek Workshop Ini

Pabrik ini mulai memproduksi Honda Civic Type mulai tahun 2001, atau saat generasi kedua Civic Type R (EP3). Model EP3 berspesifikasi JDM juga diproduksi di pabrik ini, kemudian di ekspor ke Jepang.

Seiring berjalannya waktu, produk Honda Civic Type R selanjutnya adalah FN2, dilanjutkan FK2, hingga FK8 yang saat ini mengisi pasar.

Setelah pabrik Swindon tidak lagi beroperasi, produksi Honda Civic Type R dikabarkan akan berpindah ke Amerika Serikat atau Jepang.