POPULAR STORIES

Pabrik Pelumas Shell Di Marunda Diperluas, Target Produksi 300 Juta Liter Per Tahun

Pabrik Pelumas Shell di Marunda Diperluas, Target Produksi 300 Juta Liter Per Tahun Kilang baru pelumas Shell di Marunda, Bekasi, Jawa Barat (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Shell Indonesia baru-baru ini memperluas pabrik pelumas lubricant oil blending plant (LOBP) yang berlokasi di Kawasan industry dan pergudangan Marunca Center, Bekasi, Jawa Barat.

Perluasan pabrik LOBP Marunda 2.0 ini dilakukan untuk memenuhi permintaan akan produk peluman yang terus meningkat di Indonesia. Dengan ekspansi pabrik ini yang sebelumnya hanya memiliki kapasitas produksi 136 juta liter per tahun, kini dapat meningkat hingga 300 juta liter pelumas per tahun.

Baca juga: Graha Motor Kuningan Bawa Pulang Hadiah Motor Matik Dari Federal Oil

Menteri Perindustrian yang diwakili oleh Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Saiful Bahri turut hadir dalam acara peresmian pabrik ini dan memberikan apresiasi atas komitmen Shell untuk memperluas investasi di Indonesia.

Peresmian perluasan pabrik Shell di Marunda

“Kami memberikan apresiasi atas komitmen Shell untuk memperluas investasi di Indonesia dan berinovasi untuk membantu ketersedian pelumas serta menopang pertumbuhan perekonomian nasional. Kami berharap Shell dapat terus menjadi mitra strategis Pemerintah Indonesia dalam peningkatan kapasitas industri sektor pelumas di tanah air,” ungkap Saiful Bahri di Bekasi, Jumat (11/11).

Pabrik baru ini didukung dengan beberapa teknologi kelas dunia seperti peralatan pencampuran mutakhir (cutting-edge blending equipment), mesin pengisian berkecepatan tinggi (high-speed filling lines), dan Automatic Mobile Robot (AMR).

Selain itu, pabrik ini juga berkomitmen untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional pabrik dengan menggunakan panel surya dan sistem penampungan air hujan (rainwater harvesting system) untuk mengurangi konsumsi air.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Tiap 5.000 Atau 10.000 Kilometer? Ini Penjelasannya

Shell berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pelumas di Indonesia

Machtled De Haan selaku Shell Executive Vice President Global Lubricant juga mengungkapkan investasi jangka panjang ini merupakan bentuk kepercayaan terhadap pasar Indonesia.

“Indonesia adalah pasar pertumbuhan utama bagi Shell dan investasi kami dalam perluasan pabrik LOBP di Marunda merupakan bentuk kepercayaan kami terhadap pasar Indonesia. Pelumas merupakan elemen penting yang dapat mendorong pertumbuhan di Indonesia. Dan perluasaan pabrik ini akan memperkuat rantai pasokan kami,” ungkap Machtled De Haan.

Pabrik ini akan memproduksi beragam produk pelumas mulai dari Shell Helix untuk mobil, Shell Advance untuk motor, Shell Rimula untuk mesin diesel heavy duty, dan Shell Spriax untuk pelumas transmisi.