POPULAR STORIES

Pagani Huayra Codalunga Hanya Dibuat 5 Unit, Harga Rp115 Miliar

Pagani Huayra Codalunga Hanya Dibuat 5 Unit, Harga Rp115 Miliar Foto: Netcarshow

KabarOto.com - Perkenalkan ini adalah Pagani Huayra Codalunga, hanya ada 5 unit di dunia dan sudah terjual habis. Dihargai $7,4 juta atau setara Rp 115,38 miliar, disebut sebagai penerus Pagani Zonda yang legendaris.

Kelima kendaraan sudah terjual dan kini dinikmati para pemiliknya. Diproduksi melalui kerja sama erat dengan klien. Di bawah bentuk yang elegan dan berliku-liku terletak teknik mesin Pagani yang canggih.

"Klien bukanlah seseorang yang hanya membeli dari Anda sekali. Klien sejati akan kembali lagi dan lagi," ujar Horacio Pagani, Pendiri & Kepala Desainer, Pagani Automobili.

Baca juga: 40 Unit Pagani Huayra BC Supernova, Pesan Langsung

Codalunga dalam bahasa Italia yang artinya ekor panjan, dikembangkan oleh divisi proyek khusus Grandi Complicazioni milik Pagani. Ini dimulai sebagai ide dari satu klien yang, selama dua tahun, berkembang menjadi produksi kecil mobil.

Menggunakan dimensi Huayra sebagai dasarnya, Codalunga memiliki fascia yang telah direvisi dan bagian belakang yang sama sekali baru dengan palka belakang yang mencakup area seluas lebih dari 12 kaki persegi.

Di bawahnya duduk versi uprated dari mesin V12 twin turbo 6.000 cc yang dipasok AMG, menghasilkan 829 dk dan torsi 1.100 Nm. Ada juga sistem knalpot titanium berlapis keramik baru yang beratnya hanya 4,4 kg. Secara keseluruhan, berat mobil ini hanya 1.280 kg atau kira-kira sama dengan Subaru BRZ baru.

"Kami membuat Huayra Codalunga lebih panjang dan halus, seolah-olah telah dibelai dan dibentuk oleh angin, untuk merancang garis yang lebih elegan daripada coupe," kata pendiri Horacio Pagani dalam sebuah pernyataan.

Tim desainer mendapat inspirasi dari longtails tahun 1960-an yang berlomba di Le Mans, yang memiliki garis yang sangat bersih. Huayra Codalunga terdiri dari sangat sedikit elemen penting, mobil ini dibuat dari hasil dari pengejaran ide-ide sederhana yang rumit.

"Warna dan bahannya juga mengingatkan pada mobil tahun 1960-an. Cat di bagian luar menyatu dengan elemen kokpit sementara bagian struktural mempertahankan lapisan serat karbon yang terbuka. Sentuhan artisan juga dapat dilihat pada bagian dalam dengan tenunan kulit suede tua," pungkas Desainer Konsep dan Interior Pagani, Alberto Piccolo.

Baca juga: Huayra R Hadir Sebagai Hypercar Paling Ekstrem Dari Pagani

Pada model khusus ini, pilihan dibuat untuk menggunakan warna-warna netral dan cat semi-matte atau full matte, untuk membangkitkan nuansa masa lalu dan menonjolkan kesederhanaan desain mobil. Konsep ini juga memainkan peran mendasar di bagian dalam, di mana joknya diselesaikan dengan pelapis anyaman kulit/nubuck dan komponen aluminium dikerjakan dari satu blok.

Ini mengingatkan pada teknik manual di masa lalu, ketika pengrajin akan memoles setiap elemen dengan tangan. Karya yang masih dilakukan hingga saat ini, menjadi tradisi yang terus dilestarikan oleh para ahli di pusat industri mobil sport dunia, Italy's Motor Valley.

Walau unit Pagani Huayra Codalunga sudah habis di pesan, namun adanya mobil ini menjadi bukti bahwa orang-orang dengan uang berlimpah bisa membeli kendaraan impiannya.