POPULAR STORIES

Pakai Klakson Mitsuba, Suara Seperti Mobil Eropa

Pakai Klakson Mitsuba, Suara Seperti Mobil Eropa Klakson Mitsuba, Suara Seperti Mobil Eropa.

KabarOto.com – Berbicara soal klakson, bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu puas dengan klakson standar pabrik, yang kualitas suaranya kurang bagus atau kurang keras. Bahkan biasanya untuk mobil-mobil sekelas LCGC hanya diberikan 1 buah klakson, bukan sepasang seperti mobil pada umumnya.

Karena hal tersebut, banyak produsen aksesori mobil mengeluarkan klakson aftermarket yang kualitasnya tidak kalah dengan karakter suara mobil-mobil Eropa. Salah satunya adalah Mitsuba, selain jadi produsen klakson OEM pabrikan mobil Jepang, Mitsuba turut menjual klakson aftermarket.

Baca Juga : Klakson Tiba-tiba Bunyi Terus? Ikuti Langkah Ini

klakson Mitsuba
Beberapa pilihan klakson Mitsuba, dengan karakter suara berbeda.

Menurut Regan salah satu penggawa ASCO Motorsport, karakter suara klakson Mitsuba ini tentunya lebih keras, dan bulat. Jadi enak didengar, namun tidak membahayakan (mengagetkan) pengendara lain. Sebagai distributor resmi Mitsuba di Indonesia, ASCO Motorsport turut menjual 4 model klakson, yakni Proud Horn, Alpha II, yang paling baru ada Aerospiral II (Low Frequency Horn), dan Airbullet (High Frequency Horn).

Masing-masing model tentunya memiliki karakter suara yang berbeda, "Kalau Proud Horn suaranya dibuat cempreng namun soft di telinga seperti OEM mobil-mobil Eropa. Untuk Alpha II karakternya mirip seperti Proud Horn yang dibuat lebih keras. Sementara untuk produk baru Aerospiral II suaranya lebih nge-bass dan bulat, dan Airbullet hadir dengan karakter condong ke trebel,” ujar pria ramah berkacamata tersebut.

Asyiknya, semua produk Mitsuba dijamin orisinal dan buatan Jepang. Untuk ouputnya, klakson ini mempunyai kekerasan 113 db dalam jangkauan 2 meter, yang masih aman untuk didengar, dan semua tipe klakson Mitsuba bersifat universal bisa digunakan semua merek mobil.

Kabel Harness Mitsuba
Kabel Harness Mitsuba untuk mobil dengan 1 buah klakson standar. (Soket disesuaikan dengan mobil)

Lengkapnya lagi, jika kalian ingin membeli klakson Mitsuba di ASCO, bisa turut membeli harness khusus agar tidak merusak kabel asli mobil saat terjadi konsleting, dan tentunya pemasangan bisa lebih tertata rapi.

Baca Juga : Video Suara Klakson Telolet Yang Unik Di Motor Matik

Kabel Harness Mitsuba
Kabel Harness Mitsuba untuk mobil dengan 2 buah klakson standar. (Soket disesuaikan dengan mobil)

Tidak butuh waktu lama, sekitar setengah jam klakson Mitsuba sudah bisa terpasang di mobil kalian. Soal harga, klakson buatan Jepang ini dibanderol kisaran Rp 700 ribu hingga Rp 1.050.000,-. Untuk kabel/harness Mitsuba harganya Rp 250 – 550 ribu sesuai mobil. Yang tertarik dan mau pasang, bisa langsung ke workshop ASCO Motorsport.

Ini adalah contoh suara yang dihasilkan klakson Mitsuba. (suara tidak sepenuhnya sama dengan asli)

Baca Juga : Saat Mencuci Motor, Lakukan Hal Ini Biar Klakson Tetap Awet