POPULAR STORIES

Klakson Tiba-tiba Menyala Terus? Ikuti Langkah Ini

Klakson Tiba-tiba Menyala Terus? Ikuti Langkah Ini Berbagai permasalahan muncul salah satunya klakson yang terus berbunyi (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Klakson pada kendaraan memiliki fungsi untuk memberi peringatan ataupun sinyal kepada pengendara lain di jalan. Klakson sering dibunyikan saat akan menyalip kendaraan di depan. Sayangnya, komponen ini sering dilupakan pengendara dalam hal perawatan. Tak jarang berbagai permasalahan muncul salah satunya
klakson yang terus berbunyi.

Kondisi ini bisa jadi akan membuat sobat KabarOto menjadi bingung apa yang harus dilakukan, apalagi hal ini terjadi di tengah perjalanan. Namun jangan panik, kondisi itu sebenarnya dapat diatasi dengan mudah.

"Umumnya, kejadian korsleting klakson disebabkan oleh dua kemungkinan yaitu kegagalan sakelar yang berada di kemudi dan relay. Kegagalan yang sama juga bisa berdampak pada tidak berfungsinya klakson mobil," ujar Qobul dari Lutfi Audio.

Baca Juga: Serba-Serbi Modifikasi Mobil Jadi Ceper, Begini Rahasianya!

Foto: Kipli

Qobul memberikan cara untuk mengatasi masalah tersebut. "Untuk mengatasinya, lebih baik menepi di tempat yang memungkinkan. Kemudian cari posisi kotak sekring yang biasanya ada di dekat mesin mobil. Di dalam kotak itu anda akan menemukan sekring atau relay," terangnya.

Jika sudah menemukan sekring bertuliskan klakson, Qobul menyarankan untuk mencabutnya, sekring itu akan mematikan klakson.

"Kalau tidak bisa menemukan sekring mana yang berhubungan dengan klakson, mencabut baterai dapat menjadi opsi," imbuhnya.

Cara tersebut untuk menghentikan suara bising klakson sampai anda bisa melanjutkan perjalanan kembali dan membawanya ke bengkel.

Beberapa pabrikan kendaraan biasanya menempelkan diagram lokasi sekring di tutup kotaknya. Sehingga memudahkan untuk menemukan lokasi sekring yang tepat.