Pakai Stiker Transparan Ini Untuk Lindungi Cat Kendaraan

Pakai Stiker Transparan Ini Untuk Lindungi Cat Kendaraan Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Melindungi cat asli kendaraan baik mobil/motor agar tetap mulus seperti baru, adalah salah satu investasi besar selain tampilan selalu terjaga, tetap memiliki nilai jual tinggi saat akan menjualnya kembali.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan demi melindungi cat mobil, misalnya saja nano ceramic, wax dan sebagainya. Nah sekarang ada metode baru nih buat melindungi bodi kendaraan dari baret, yakni menggunakan bahan semacam stiker transparan.

“Bahan ini biasa dinamakan clear bra atau disebut PPF Paint Protection Film, dan paling bagus sekarang adalah self healing,” ujar Wandy selaku owner Graphic Factory.

Baca Juga : Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Stiker Di Bodi Kendaraan

Fungsi utamanya memang melapisi body mobil dari lecet-lecet, “Untuk clear bra memiliki karakter sedikit lebih tebal, melapisi bodi agar terhindar dari stone chip dan sebagainya. Sementara perbedaannya dengan self healing adalah bahan ini mampu kembali seperti semula ketika dipanaskan, jadi mulus kembali,” jelasnya.

Lalu apa sih kelebihannya ketimbang coating biasanya?

“Kelebihan bahan ini ketimbang coating, pastinya kita mengetahui seberapa lama bahan ini melindungi kendaraan kita, sebab sifatnya seperti stiker biasa saja dapat dicek secara fisik. Kalau coating biasa ada jangka waktu tertentu dan bisa hilang sendiri. Sementara jika menggunakan self healing, bahan ini bisa kembali mulus jika dipanaskan, tanpa poles apapun,” tuturnya.

Baca Juga : Tak Hanya Terima Bikin Bodi Kinclong, Scuto Juga Tawarkan Glass Coating

Soal harga juga bermacam-macam, menyesuaikan budget. Harga paling standar start dari Rp 11 juta hingga Rp 12 juta per mobil, sementara untuk yang bagus seperti self healing, mencapai angka puluhan juta kembali sesuai kebutuhan konsumen.

Bagaimana untuk jenis roda dua atau motot? “Sebenarnya bahan ini tidak terlalu rekomen buat motor, sebab jenisnya tebal dan kaku, sementara motor punya banyak lekukan. Sehingga harus di sambung ketika dipasang,” tutupnya.