Pasang Ban Mobil Baru Di Depan Atau Belakang? Ini Jawabannya

Pasang Ban Mobil Baru di Depan atau Belakang? Ini Jawabannya Fungsi ban sebagai penyangga beban, meredam getaran, mengendalikan kendaraan.

KabarOto.com - Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Fungsinya adalah sebagai penyangga beban, meredam getaran, mengendalikan kendaraan. Oleh karena itu, ban harus diberi perhatian secara khusus.

Namun ada waktunya ban pada mobil harus diganti, sesuai dengan kondisinya. Nah, apakah membeli ban harus sepasang atau boleh hanya satu saja? Dan setelah membeli apakah ban mobil di depan atau belakang? Pertanyaan ini yang sering muncul dari para pemilik mobil. Berikut sedikit informasi tentang pemasangan ban baru pada sebuah mobil.

Baca Juga: Rotasi Ban Mobil Penting Loh.. Ini Penjelasannya

OVT Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal mengatakan, jika ban sudah tidak layak harus segera diganti. Pergantian ban menurut Zul minimal satu pasang atau kanan dan kiri. "Kalau anggarannya terbatas bisa beli dua ban atau sepasang dulu. Jangan membeli satu ban saja, karena nanti antara kanan dan kiri tidak seimbang," papar Zulpata di Sentul, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Ban baru harus dipasang pada bagian belakang

Lalu jika sudah membeli dua ban sebaiknya dipasang pada bagian depan atau belakang? Menurut Zul, sebaiknya ban baru harus dipasang pada bagian belakang. "Karena ban belakang tidak dalam kendali pengemudi, sehingga saat kehilangan traksi akan lebih sulit. Kalau ban depan saat kita kehilangan traksi masih bisa diatasi," tambahnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Pentingnya Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil

Zul juga menambahkan, kalau ban belakang sudah aus akan sulit untuk dikendalikan, bisa tergelincir. "Prinsip ini berlaku untuk semua jenis penggerak, baik penggerak roda depan maupun penggerak roda belakang, bahkan all-wheel drive sekalipun," jelasnya lagi.