Rotasi Ban Mobil Penting Loh.. Ini Penjelasannya

Rotasi Ban Mobil Penting Loh.. Ini Penjelasannya Padahal, rotasi ban sangat disarankan, tujuannya adalah efisiensi pemakaian ban.

KabarOto.com - Banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui tentang pentingnya merotasi ban. Padahal, rotasi ban sangat disarankan, tujuannya adalah efisiensi pemakaian ban. Selain itu agar umur ban lebih panjang, mencegah beberapa kerusakan khususnya keausan pada ban yang tidak merata.

Zulpata Zainal, OVT Manager atau On Vehicle Test, Gajah Tunggal menyarankan, agar pemilik mobil melakukan rotasi ban minimal 5000 km. Rotasi ban juga disesuaikan dengan jenis ban yang dipakai.

Baca Juga: Kode Pada Ban Yang Perlu Diketahui

Jenis pertama adalah ban konvensional yang umum atau banyak dipakai, yaitu multi directional, atau pattern/kembangan konvensional. Rotasi ban bisa langsung kesegala arah, depan digunakan ke belakang, belakang digunakan ke depan, kiri ke kanan serta sebaliknya.

"Selain itu juga rotasi di sisi luar ke sisi dalam ban, dengan cara ban dilepas dulu dari peleknya, lalu dibalik sisi luar ke dalam, sisi dalam keluar, lalu dipasang lagi ke pelek, isi angin, wheel alignment, dan bisa dipakai lagi," jelasnya.

Jenis ban konvensional

Baca Juga: 5 Manfaat Pentingnya Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil