Pasca Kebakaran Kilang, Dirut Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Pasca Kebakaran Kilang, Dirut Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Pertamina jamin suply bahan bakar aman. (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Berita menghebohkan datang dari Indramayu, Jawa Barat. Sebuah kilang minyak terebesar se-Asia Tenggara milik PT Pertamina terbakar, 29 Maret 2021 dini hari. Ditengarai akibat sambaran petir yang terjadi sekitar jam 1 pagi tadi.

Lalu, bagaimana dengan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pasca terbakarnya kilang minyak Pertaina Balongan? Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan, pasokan BBM setelah terjadi kebakaran di tangki T-301G, Kilang Pertamina Balongan.

Baca Juga: Tinggalkan Bensin Timbal, Pertamina: Masyarakat Jawa Barat Makin Sadar Lingkungan

Kebakaran di Kilang Pertamina, Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Pertamina memiliki skenario dalam kondisi ketika harus beroperasi secara darurat. "Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," jelas Nicke dalam konferensi pers, di gedung Pertamina, Senin (29/3).

Dalam pola suplai ini, Pertamina memiliki skenario dalam kondisi ketika harus beroperasi secara darurat. Pertamina akan mengoptimalkan kilang lain dan akan disalurkan langsung ke daerah-daerah yang selama ini disuplai dari Balongan yaitu Jakarta dan Cikampek.

"Tidak ada kendala dalam suplai BBM, karena kilang atau processing plant dalam kilang ini tidak terdampak," tambahnya.

Baca Juga: SPBU Pertamina Kompak Di Mentawai Hadirkan Pertamax

Dia memastikan sekali lagi, tidak ada kendala dalam suplai BBM ini, karena sebetulnya kilang atau processing plant yang utama, di kilang ini tidak terdampak. "Kebakaran hanya di daerah tangki saja," tambah Nicke.