POPULAR STORIES

Pasok Baterai Mobil Listrik Ke Tesla, Panasonic Bangun Pabrik Di Amerika Serikat

Pasok Baterai Mobil Listrik ke Tesla, Panasonic Bangun Pabrik di Amerika Serikat Pabrik Panasonic (Dok: istimewa)

KabarOto.com - Panasonic berencana mendirikan pabrik baru di Amerika Serikat, untuk memproduksi sel baterai kendaraan listrik untuk Tesla 4680 terbaru.

Penyiar publik Jepang NHK menyarankan jika perusahaan tersebut ingin membangun pabrik di Oklahoma atau Kansas, harus menyediakan biaya beberapa miliar dolar. Di mana, Panasonic diperkirakan ingin memiliki pabrik di dekat lokasi pabrik baterai yang direncanakan Tesla sendiri di Texas.

Baca juga: Kabar Terbaru, Tesla Roadster Mendekat Ke Planet Mars

Panasonic sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk mulai memproduksi massal baterai lithium-ion baru Tesla sebelum akhir Maret 2024, yang pada awalnya akan melakukannya dengan dua jalur produksi baru di pabrik Jepang yang berlokasi di Wakayama.

Tesla sendiri telah meluncurkan baterai 4680 'tabless' pada September 2020. Baterai ini berukuran 46 mm x 80 mm dan lebih besar dari sel yang saat ini digunakan oleh pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini.

Elon Musk mengatakan mereka akan menghasilkan pengurangan 14 persen dalam biaya per kWh pada tingkat faktor bentuk sel. Di mana, Tesla akan memproduksi sel-sel ini sendiri.

Baca juga: Mikrofon Tesla Mungkinkan Karaoke Di Mobil

Namun faktanya, LG Energy Solutions sangat ingin memproduksi baterai Tesla 4680 di Amerika Serikat atau Eropa dan memasoknya ke Tesla.

Sebagai informasi, sebuah perusahaan asal Israel bernama StoreDot juga telah menggunakan format sel baterai 4680 yang dapat terisi penuh hanya dalam 10 menit.

Pengembangan sel 4680 StoreDot berlangsung selama tiga tahun bekerja sama dengan British Petroleum. Selain menawarkan waktu pengisian 10 menit, biaya sel silinder StoreDot tidak lebih dari sel baterai standar. Perusahaan Israel berencana untuk memulai produksi baterai pada tahun 2024.