Peduli Covid-19, Pakar Audio Indonesia Ini Ciptakan Alat Ventilator

Peduli Covid-19, Pakar Audio Indonesia Ini Ciptakan Alat Ventilator Ventilator sederhana (Wahyu)

KabarOto.com - Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di berbagai negara, saat ini dalam tahap mengkhawatirkan, termasuk di Indonesia. Hingga 30 April 2020, jumlah orang yang positif terkena virus tersebut mencapai lebih dari 10 ribu.

Dari berbagai informasi yang didapat, virus tersebut sangat mudah menular melalui kontak fisik, dan menyerang saluran pernafasan manusia. Sebagai tindakan perawatan, pasien di beberapa Rumah Sakit, dibantu oleh ventilator agar mempermudah saat bernafas.

Baca Juga: Mobil Jarang Dipakai Akibat WFH, Jangan Copot Kabel Aki!

Ternyata, ventilator tersebut juga bisa sobat KabarOto buat di rumah loh. Ide pembuatan ini lahir dari salah satu pakar audio ternama di Indonesia, Wahyu Tanuwidjaja.

"Awal mulanya ada yg share digrup WhatsApp Canisius AuVi, biasanya kita bahas audio, namun hari itu ada yang posting alat (ventilator) serupa besutan MIT, namanya MIT E-Vent," ujar Wahyu kepada KabarOto.

Lebih lanjut ia mengatakan, setidaknya butuh sekitar 12 komponen untuk dapat merakit vantilator ini di rumah. Mulai dari dinamo wiper Toyota Kijang Super, rel laci panjang 20 cm, hingga ambu bag.

Ambu bag yang akan memompa udara

Asyiknya, komponen ini dapat dibeli dengan mudah oleh sobat kabarOto melalui online shop. Pria ramah tersebut juga mengaku, saat awal dirinya ingin membuat alat tersebut, harus dilakukan dengan beberapa kali percobaan.

Misalnya, saat memilih motor penggerak yang tepat. "Saya berpikir untuk menggunakan macam-macam motor, mulai dari step motor, motor fan, motor power window, bahkan pilihan motor DC karena bisa menggunakan baterai (kalau diperlukan nantinya)," tutur Wahyu yang juga menjabat CEO Audioworkshop.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, pilihan akhirnya jatuh pada motor wiper. "Karena motor wiper torsinya besar dan kekuatannya sudah terbukti. Pilihan saya adalah motor wiper Toyota Kijang Super," ungkap Wahyu.

Gunakan akrilik sebagai rangka

Selain itu, komponen lain yang dibutuhkan adalah rantai sepeda BMX, gear roda (2 buah), PWM speed control, power supply, sok pipa 1,5 inci (4 buah), baut-baut, akrilik, pipa CPAP dan kabel-kabel.

Baca Juga: Modifikasi Rolls-Royce Cullinan ‘Coastline’ Karya Mansory

Wahyu mengaku, biaya yang dibutuhkan untuk membuat ventilator ini masih cukup terjangkau. "Biayanya sekitar Rp 2,4 juta hingga Rp 3,4 juta," jelas Wahyu. Saat ini, produk buatannya sudah menjalani tes daya tahan (durability).

"Yang saya lakukan sekarang menghidupkan selama 2 hari non stop, apakah ada komponen yang rusak atau lain-lain. Hasilnya kelihatan sudah ok sih," pungkas Wahyu.

Buat sobat KabarOto yang penasaran, bisa langsung cek di link berikut ini ya, https://wahyutanuwidjaja.design/berita/god-hands-ambu-bag-automation-for-ventilator/.