Pegal Naik Motor Fairing? Ini Tipsnya

Pegal Naik Motor Fairing? Ini Tipsnya

KabarOto.com - Segmen motor sport selalu memiliki penggemarnya di market Tanah Air, termasuk model fairing yang punya keunggulan dari performa mesin, desain aerodinamis dan tampilan bak motor balap sirkuit.

Agar lebih menikmati perjalanan dalam merasakan keunggulan motor sport fairing saat menggebernya di jalanan, Sobat KabarOto perlu memperhatikan cara mengendarainya. Sebagai panduan, berikut tips dari Yamaha Riding Academy (YRA) bagi biker pengguna motor sport fairing:

Baca juga: Belum Bisa Kendarai Motor Kopling Manual? Yuk, Simak Tips Ini

Postur Berkendara

1. Riding posture mengikuti karakter sepeda motor, rileks dan senatural mungkin agar lebih mudah untuk melakukan handling dan menjaga kestabilan motor.

2. Posisi tangan mengikuti kontur stang dengan pergelangan dan siku menyudut. Posisi tangan yang lurus lebih susah menghandlingnya. Posisi kaki mendekap body motor (knee grip), "hindari kaki yang mengangkang ini akan membuat kestabilan berkurang. Posisi punggung dan bahu rileks karena posisi setang rendah, badan disarankan sedikit membungkuk," ujar papar Supriyanto selaku Manager Promosi Main Dealer PT Lautan Teduh.

3. Posisi badan bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi pengoperasian sepeda motor. Jika saat berakselerasi, badan agak lebih membungkuk dan jika melakukan pengereman badan agak tegak, ini akan membuat pengendalian lebih stabil. "Saat berbelok, badan segaris lurus dengan motor atau lean with the bike, ini dinilai akan lebih aman karena berkendara di jalan raya," imbuhnya.

Baca juga: 10 Tips Berkendara Motor Bagi Para Cewek, Nih!

Safety Gear

1. Disarankan gunakan helm full face standar SNI dan ukuran yang pas di kepala, ini akan membuat perlindungan lebih maksimal.

2. Gunakan jaket dan celana tertutup, disarankan khusus untuk berkendara, termasuk protector tangan dan kaki.

3. Gunakan sarung tangan khusus untuk berkendara yang menutupi semua bagian tangan dan jari agar saat mengoperasikan gas, rem dan kopling lebih maksimal.

4. Gunakan sepatu, disarankan yang menutupi sampai atas mata kaki, hindari menggunakan sandal.

5. Disarankan safety gear berwarna cerah, ini akan mudah terlihat oleh pengendara lain atau pengguna jalan lainnya sehingga membuat rider lebih aman.