POPULAR STORIES

Pelarangan Mudik Berpengaruh Pada Industri Pelumas

Pelarangan Mudik Berpengaruh pada Industri Pelumas Penggantian pelumas mobil

KabarOto.com - Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik lebaran tahun 2021 ini. Biasanya, sebelum mudik bengkel mobil dan motor penuh dengan konsumen yang mempersiapkan kendaraannya untuk dibawa ke kampung halaman.

Lalu bagaimana dengan industri pelumas, dimana produk mereka selalu dibutuhkan untuk merawat kendaraan. Patrick Adhiatmadja selaku Executive Chairman ExxonMobil Lubricants Indonesia mengatakan, pelarangan mudik berpengaruh pada industri pelumas. Karena menurut dia, jelang lebaran biasanya masyarakat selalu mengganti oli kendaraan. Dan tahun ini kedua kalinya mudik dilarang.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Mesin Modern, Pelumas Mobil Lubricants Penuhi Standar API SP

"Ini tahun kedua kita enggak boleh mudik. Pasti ada pengaruh. Pada saat mudik, orang maunya kendaraan prima, ganti oli, bahkan kalau bisa ganti mobil," terang Patrick, dalam diskusi virtual dengan media, beberapa waktu lalu.

Penggantian oli motor

Menurut Patrick, Exxon saat ini sedang dilema, karena mereka terus melakukan produksi, dan tentunya stok akan disimpan, menyebabkan penumpukan di gudang. Jika produksi dihentikan, nantinya tidak bisa melayani pembeli.

"Tapi ketika berhenti produksi, tidak bisa melayani pembeli. Ini yang menjadi tantangan kita di supply chain," terang Patrick.

Meski begitu Patrick menyatakan, saat ini kondisi perekonomian Indonesia sudah mulai membaik. Lebih mapan, tidak seperti dulu tunggu Lebaran baru ganti atau servis. Pihaknya berharap, kepercayaan pasar akan tumbuh, sehingga ekonomi kembali membaik.

"Ketika kepercayaan membaik, orang lebih berani spending. Kapan ini terjadi? Ini terjadi ketika orang merasa pandemik sudah under control. (Kini) tren penambahan kasus Covid-19 mereda," tambah Patrick.

Baca Juga: ExxonMobil Dan Federal Oil Perkuat Strategi Bisnis Di Tengah Pandemik

Untuk menarik konsumen membeli produknya, beragam program menarik pun dihadirkan, seperti promosi konsumen berskala besar berbasis pendekatan digital. Program tersebut di antaranya hadiah menarik, kampanye menyambut Lebaran, dan peluncuran produk baru rangkaian Mobil Super yang telah tersedia di Mobil Car Care, bengkel rekanan Mobil, toko resmi Mobil di e-commerce dan layanan Servis Di Rumah.