POPULAR STORIES

Pelumas Untuk Merawat Mobil Lama Dan Baru Berbeda, Simak Informasinya

Pelumas untuk Merawat Mobil Lama dan Baru Berbeda, Simak Informasinya Pelumas mobil lama lebih kental (Foto: PTPL)

KabarOto.com - Perawatan berkala untuk sebuah kendaraan sangat dibutuhkan untuk menjaga mesin tetap maksimal. Namun, merawat mesin mobil lama dan baru berbeda, terutama untuk pemilihan oli atau pelumas.

Mesin mobil lama biasanya cenderung membutuhkan viskositas lebih kental. Hal tersebut karena seringnya pemakaian mobil, sehingga menimbulkan celah antar komponen mesin. Umumnya, antar komponen akan berubah menjadi lebih renggang.

Baca Juga: Begini Cara Pilih Pelumas Kendaraan Yang Baik

Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL) mengatakan, ini terjadi karena adanya gesekan mekanikal seiring pemakaian kendaraan.

"Celahnya tidak lagi rapat seperti mobil baru," katanya.

Penggantian oli mesin (Foto: PTPL)

Jika menggunakan oli yang terlalu encer seperti mobil baru, maka akan terdengar suara kasar pada mesin. Selain itu, penggunaannya pun berpotensi membuat oli tidak dapat melumasi dengan baik, resikonya akan mengganggu sirkulasi pelumas.

“Parahnya lagi, oli dapat menguap yang artinya apabila dibiarkan bakal mengurangi volume oli secara drastic,” tambah Brahma. Oli kental seperti 10W-40 atau 15W-50 diperlukan supaya sirkulasi oli tetap lancar, dan dapat melumasi ke komponen bagian mesin manapun yang membutuhkan pelumasan,” papar dia.

Dia pun merekomendasikan untuk pengguna mobil menggunakan Fastron Techno 10W-40 dan Fastron Techno 15W-50. Fastron Techno 10W-40, menggunakan base oil sintetis standardisasi API SN, dikembangkan menggunakan teknologi perlindungan terbaik di dunia. Fungsinya menjaga mesin tetap bersih dan dingin. Fastron Techno 10W-40 dijual dalam dua kemasan yaitu 1 liter Rp 90.500 dan 4 liter Rp 352.500.

Fastron Techno 10W-40, dibekali teknologi perlindungan terbaik yaitu Nano Guard. Penggunaan Fastron Techno 10W-40 dan Fastron Techno 15W-50 tetap dapat menjaga kondisi mesin lebih awet dan minim penguapan. “Ini untuk mobil usia di atas 5 tahun,” tambah dia lagi.

Baca Juga: Penting Diketahui, Ini Fungsi Pelumas Untuk Kendaraan Bermotor

Fastron Techno 15W-50 sudah memenuhi kategori API SN, dijual Rp 73.000 untuk 1 liter dan Rp 284.000 isi 4 liter. Pelumas ini dibuat untuk mobil berjenis SUV, MPV, sedan dan hatchback.