Jasa Marga Lanjutkan Pemasangan Balok Di Area Pondok Aren-Serpong

Jasa Marga Lanjutkan Pemasangan Balok di Area Pondok Aren-Serpong Foto: Jasa Marga

KabarOto.com - Sebelumnya pemasangan steel box girder sudah dilakukan di Jembatan Kunciran Junction yang melintas di ruas tol Tangerang. Pemasangan berlangsung sejak 27 Januari hingga 30 Januari lalu.

Kali ini steel box girder akan dipasang lagi di atas ruas tol Pondok Aren-Serpong, tepatnya pada KM 9+000 sampai KM 10+000 di kedua arahnya.

Pemasangan steel box girder di Jembatan Serpong Junction sudah dimulai sejak 30 Januari kemarin, sampai dengan tanggal 16 Februari, mulai pukul 00.00 WIB - 04.00 WIB setiap harinya. Nantinya, Jembatan Serpong Junction ini akan menghubungkan Serpong dengan Cinere.

tol

Pemasangan steel box girder ini merupakan pekerjaan teknis dari paket II wilayah Parigi-Serpong). Jika sebelumnya hanya memasang 5 buah balok, untuk di Pondok Aren dan-Serpong ini akan memasang sebanyak 13 buah balok. Panjang bentang ketiga belas steel box girder tersebut bervariasi, mulai dari 45 meter hingga 60 meter.

Ada tiga titik lokasi pemasangan steel box girder yang melintas di atas Jalan Tol Pondok Aren-Serpong ini. Empat buah steel box dengan panjang 46 meter terletak di Ramp 3 (KM 9+000), enam buah steel box dengan panjang 60 meter pada Main Road di Jembatan Serpong Junction (KM 9+500), dan tiga buah steel box dengan panjang 45 meter pada Ramp 2 (KM10+000).

Baca Juga: X-MOC Unjuk Gigi 6 Xpander Modifikasinya, Bisa Jadi Inspirasi, Lho !

Selama pengerjaan pemasangan steel box girder ini masih berjalan, maka ketiga titik lokasi tersebut akan ditutup sementara. Hal ini dilakukan karena unsur keselamatan (safety) menjadi prioritas dalam pekerjaan ini.

Dengan adanya pekerjaan teknis ini juga PT mengharuskan PT PT Marga Trans Nusantara (MTN) mengalihkan arus lalu lintas (lalin) di sekitar lokasi. Tepatnya di Sta. 50+924 (KM 9+000) sampai dengan Km 10+000 pada Jalan Tol Pondok Aren-Serpong arah Jakarta (Pondok Ranji) dan arah Tangerang (BSD).

Seperti halnya pemasangan di Jembatan Kunciran Junction, pengaturan lalin berupa rekayasa contra flow. Melalui diskresi Kepolisian dan pengalihan lalin jalan memutar (detour) melalui bahu jalan tol di sisi kedua arah tersebut.

Nah, titik bukaan jalan memutar yang melalui bahu jalan tol untuk arah Jakarta (Pondok Ranji) ini dimulai pada 9+000 sampai KM 10+000.

jasamarga

Sedangkan untuk arah serpong (BSD) dimulai di KM 10+000 sampai KM 9+000. Masing-masing jalan memutar tersebut terdiri dari dua lajur selebar 4 meter untuk arah Jakarta dan 8 meter untuk arah Serpong.

"Pekerjaan pemasangan steel box girder ini merupakan bagian dari Paket II Jalan Tol Kunciran-Serpong, yaitu Parigi-Serpong. Sampai saat ini, progress pembebasan lahan untuk Paket II telah mencapai 98,70% dan progres konstruksi telah mencapai 86,49%. Diharapkan pada triwulan (TW) III 2019 ini, Jalan Tol Kunciran-Serpong sudah dapat dioperasikan," jelas pihak Jasa Marga.

Jasa Marga juga menghimbau agar pengendara tetap berhati-hati, mentaati arahan petugas di lapangan, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada serta mengatur waktu perjalanan Anda.