Usai Kecelakaan, Pembalap MotoGP Khawatir Dengan Tikungan 3 Red Bull Ring

Usai Kecelakaan, Pembalap MotoGP Khawatir dengan Tikungan 3 Red Bull Ring Miguel Oliveira Kecelakaan di tikungan 3 Red Bull Ring

KabarOto.com – Pada sesi latihan bebas MotoGP Styria di Red Bull Ring, Jumat (6/8) ada beberapa kali kecelakaan terjadi di tikungan 3.

Tentu, banyak pembalap menggangap bahwa sektor tersebut masih berbahaya dan heran mengapa layout trek tidak diubah setelah insiden besar musim lalu.

Motor Morbidelli nyaris menghantam Rossi di GP Austria 2020

Satu tahun usai kecelakaan yang menimpa Johann Zarco dan Franco Morbidelli yang motornya terlempar dan nyaris menghantam Valentino Rossi dan Maverick Vinales, tikungan 3 Sirkuit yang berlokasi di Spielberg, Austria itu masih mengkhawatirkan para pembalap.

Baca Juga : Menjelang MotoGP Styria 2021, Ini Target Brad Binder

Dengan kurva sempit setelah tanjakan dan akselerasi panjang ini sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Dan hal tersebut terbukti saat sesi latihan bebas.

Iker Lecuona kecelakaan saat sesi FP1

Salah satu yang menjadi korban yaitu Iker Lecuona (KTM Tech3), beruntungnya sang rider tidak mengalami cedera serius. Namun, Miguel Oliveira (Red Bull KTM) mengalami kecelakaan highside. Setelah kejadian, Oliveira langsung dibawa ke medical center untuk diperiksa dan beruntung tidak mengalami cedera sama sekali walaupun pembalap bernomor 88 itu mengalami syok.

Sejak insiden musim 2020, ada sedikit modifikasi dengan penambahan air fence di depan dinding pembatas di dalam tikungan 3. Lalu, Gravel trap juga diperbesar di pintu masuk tikungan. Namun, ide untuk menambah chicane di sektor 2 untuk memperlambat laju pembalap ditolak, meski masih memungkinkan untuk musim 2022 mendatang.

Baca Juga : Ini Perangkat Baru Suzuki Yang Akan Hadir Di MotoGP Styria 2021

Miguel Oliveira mengalami highside saat FP1

“Anda ingin tahu apa yang saya pikirkan tentang tikungan 3 ini? Saya merasa sangat tidak aman, untuk sebagian besar lintasan tidak hanya tikungan 2 dan 3 saja. Yang aneh mereka tidak mengubah layoutnya dan itu sangat aneh untuk saya,” ungkap Cal Crutchlow.

Crutchlow tampil sementara untuk menggantikan Franco Morbidelli yang sedang dalam masa pemulihan cederanya, meminta koleganya untuk bertanggung jawab dengan lebih behati-hati dan tidak menimbulkan situasi berbahaya saat memasuki tikungan 3.

Baca Juga : Ini Jadwal MotoGP Styria 2021

Selain tikungan, faktor cuaca yang berubah-ubah akan terjadi di akhir pekan ini. Khususnya resiko tinggi badai petir saat hari perlombaan. Selain Crutchlow, Pol Espargaro (Repsol Honda) juga mengakui bahwa Red Bull Ring lebih berbahaya daripada trek lain. Namun, dia percaya kalau para rider akan berusaha untuk menghindari manuver yang berbahaya.

“Sirkuit ini benar-benar yang cepat dan berbahaya, di mana terjadi insiden besar tahun lalu. Tentu ada trek lain yang lebih aman. Tetapi begitulah Anda tidak bisa melakukan apa-apa, mengeluh tidak mengubah apapun. Yang bisa dilakukan para pembalap yaitu berusaha berkendara dengan seaman mungkin, harus berhati-hati,” tutup Pol Espargaro.