POPULAR STORIES

Pembalap Tiga Generasi Indonesia Hadir Di IIMS 2023, Alinka Hardianti Curi Perhatian

Pembalap Tiga Generasi Indonesia Hadir di IIMS 2023, Alinka Hardianti Curi Perhatian Alinka Hardianti saat menghadiri talk show pembalap 3 generasi di IIMS 2023 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Ada yang berbeda di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Di area talkshow, berlangsung diskusi antara mahasiswa perguruan tinggi swasta, pengunjung dan pembalap tiga generasi Indonesia. Mereka berbagi cerita, tentang awal mula balapan hingga menjadi pembalap nasional. Dibagikan juga tips, menjadi pembalap profesional.

Salah satu yang menjadi perhatian peserta adalah Alinka Hardianti. Dia merupakan satu-satunya pembalap wanita di acara ini, namanya sedang naik di dunia slalom. Alinka merupakan anak dari Didi Hardianto, peslalom yang cukup disegani di zamannya.

Baca Juga: Jadi Ratu Balap, Ternyata Alinka Harus Ekstra Soal Persiapan Fisik

Didi pun bercerita, awalnya ia berfikir anak yang dikandung sang istri adalah laki-laki. Nama untuk calon buah hatinya pun sudah disiapkan, yaitu Senna, diambil dari nama pembalap F1 legenda Aryton Senna.

Saat mengetahui bayinya wanita, Didi pun bingung mau kasih nama siapa, tidak mungkin memberi nama Hardianto. "Akhirnya ibunya kasih nama, Alinka, karena waktuitu suka sama Inka Christie, di belakangnya Hardianti," cerita Didi, di Hall C3 IIMS 2023.

Para pembalap muda Indonesia di IIMS talk show 2023 (Foto: KabarOto)

Alinka tertarik dengan dunia otomotif saat berada di Sekolah Dasar. Saat itu Alinka sudah mulai mencuri-curi kesempatan mengendarai mobil ayahnya. Bahkan, Didi takjub, anak perempuannya itu sudah mempraktekkan slalom di antara pepohonan area parkir.

"Waktu itu, saya lihat dia diam-diam bawa mobil buat meliuk-liuk di antara pohon. Dia ngikutin zig-zag. Saya diamkan saja, dia ada ketertarikan di balap sepertinya," cerita Didi.

Alinka semakin mahir mengendarai mobil, dan mulai mengikuti berbagai evet balap. Namun, Didi ingatkan dia jangan ikut balap gokart, beresiko bagiperempuan jika ikut ajang itu.

"Gokart itu kan tidak ada sokbreker, saya khawatir nanti akan berpengaruh ke peranakan dia, karena wanita, ada kepikiran itu, makanya saya tidak begitu mengenalkan balap gokart ke dia," tambah Didi Hardianto.

Rudi MF mewakili Dyandra Promosindo menyerahkan penghargaan ke Julian Johan (Foto: KabarOto)

Namun karena penasaran, Alinka pun diam-diam pernah mengendarainya, hanya fun race, sewa di rental gokart. "Sebenarnya papih gak tau kalau saya juga pernah gokart, tapi untuk fun race, di sewaan gokart gitu," tutur Alinka.

Baca Juga: Seru! Ini Pengalaman Balap Srikandi Alinka Hardianti Yang Bakal Terus Terkenang

Peslalom Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) ini juga berbagi cara untuk bisa terjun ke dunia balap profesional, menjawab pertanyaan audience.

Menurutnya, jika tertarik dan sudah memiliki bakat, bisa datang ke sirkuit Sentul, Jawa Barat, untuk menggali informasi seputar event balap di sana. Dan tentu mengikutinya. "Bisa juga lihat di media sosial yah, ikut komunitas juga, rajin latihan. Tidk ada kata terlambat," tutur Alinka.

Hadir juga Julian Johan, pereli muda berbakat yang sering tampil di kejuraan nasional dan dunia, menceritakan, awalnya ia bermain musik, namun meihat ayahnya sering ikut di event reli, dia pun tertarik, hingga saat ini.

"Saya awal di off-road ya, diajak ayah, sampai akhirnya tertarik dan sampai sekarang ikut kejurnas reli dan di beberapa event dunia," jelas pria yangbiasa disapa Jeje ini.