Jadi Ratu Balap, Ternyata Alinka Harus Ekstra Soal Persiapan Fisik

Jadi Ratu Balap, Ternyata Alinka Harus Ekstra Soal Persiapan Fisik Foto: Kipli/KO

KabarOto.com - Berbagai julukan ratu di dunia balap sudah disandangnya. Berbagai cabang motorsport sudah pernah dicoba, katakanlah slalom, drifting, touring, bahkan speed off-road. Yup, Alinka Hardianti memang terkenal meraih podium di banyak cabang motorsports.

Bukan hal mudah untuk meraih hal tersebut, apalagi di bidang yang digandrungi oleh kaum adam. Di acara ngobrol santai live bareng KabarOto, Alinka bercerita terkait persiapan fisik yang dilakukannya lebih ekstra.

Baca Juga: Seru! Ini Pengalaman Balap Srikandi Alinka Hardianti Yang Bakal Terus Terkenang

"Slalom itu hand brake-nya berat, kalo gue badannya kecil. Narik hand break itu sebenernya susah. Muter setir juga nggak bisa secepat cowok," ceritanya.

Ibu anak satu ini juga bercerita, dari yang ia rasakan tenaga perempuan tidak lebih besar dari laki-laki. Salah satu bagian fisik yang harus siap untuk berlaga adalah otot tangan. Dimana bagian ini sangat mempengaruhi kekuatan dan kecepatan.

Baca Juga: Jadi 'Pilot' Di Banyak Balapan, Apa Jenis Motorsport Favorit Srikandi Alinka Hardianti

Namun, baginya ia harus berusaha dua kali lipat untuk mendapat hasil yang sesuai dengan lawannya yang notabene laki-laki.

"Kita (perempuan) sebenarnya lebih ekstra, lebih ke fisiknya. Cowok besarin otot kan lebih gampang, gue harus dua kali lipat ngejarnya. Misalnya, gue harus kencangin otot tangan untuk narik hand break nih, mungkin buat cowok-cowok sehari-hari dumbbell aja sudah kuat kan. Kalau gue, mungkin kalau cowok 10 kg, gue harus 20 bahkan 30 kg untuk samain kekuatan itu, itu yang gue rasain," ceritanya pada KabarOto.