POPULAR STORIES

Sophie Flörsch Jadi Pembalap Wanita Pertama Di Formula 3

Sophie Flörsch jadi Pembalap Wanita Pertama di Formula 3 Sophie Flörsch (Penulis: Bagas / BS)

KabarOto.com – Resmi sudah, Sophie Flörsch menjadi pembalap wanita pertama pada balapan Formula 3 (F3). Wanita asal Jerman berusia 19 tahun ini sempat menjalani operasi, setelah kecelakaan hebat yang dialami pada Grand Prix Makau 2018 silam.

Kurang dari 18 bulan setelah kecelakaan itu, pembalap cantik ini kembali berkompetisi di Grand Prix Makau 2019, sebuah comeback yang luar biasa, ia menduduki posisi ke-7. Selain itu, ia dihadiahi Laureus World Sports Award untuk World Comeback of the Year

Pengendara mobil dengan nomor 31 ini, memiliki sejarah yang meyakinkan. Dari tahun 2004 hingga 2014, ia mengikuti balapan Karting. Namun, debutnya professionalnya adalah pada 2015, ketika ia bergabung dengan kejuaraan Ginetta Junior dan menjadi pembalap termuda yang memenangkan perlombaan.

Baca juga: Virus Corona Meluas, Ada Kemungkinan F1 2020 Dijadwal Ulang

Sophie Flörsch
Sophie Flörsch (kanan) bersama rekan-rekan pembalap wanita lainnya

Setelah tahun itu, Sophie berpindah ke ADAC F4 Championship (2016-2017) bukan hanya di ajang F3, pada ajang ADAC Formula 4, Sophie juga menjadi pembalap wanita pertama yang menyelesaikan lomba dan meraih poin.

Pada 2017, ia tetap mengikuti ADAC F4 Championship baru pindah ke Italian F4 Championship (2017) dan bernaung pada tim BWT Mücke Motorsport. Selanjutnya pada 2019, balapan Formula Regional European Championship (Van Amersfoort) serta, Macau Grand Prix (HWA Racelab) turut ia ikuti.

Tahun 2020 ini terjun di balapan F3, Sophie akan mendampingi Alex Peroni dan Alessio Deledda di tim Campos Racing, dikarenakan telah melakukan porses tanda tangan dengan tim tersebut untuk musim 2020.

Baca juga: Ferrari Masih Belum Puas Terhadap Performa Mobil Balapnya

Tim Campos Racing di ajang balapan F3
Tim Campos Racing di ajang balapan F3

"Saya sangat senang berlaga di FIA F3 Championship bersama Campos Racing. Ini akan menjadi musim pertama saya di mobil Formula 3 dengan ban Pirelli, DRS dan mesin Mecachrome," ungkap Sophie Flörsch.

Adrian Campos selaku pemilik tim mengatakan, "Dia adalah salah satu pembalap paling berbakat dan contoh nyata dari ketekunan. Sophia akan terus berjuang untuk terus membuat kemajuan di salah satu kejuaraan terberat di kancah internasional."

Saat ini Sophie sedang melakukan tes uji coba di Bahrain 3 Maret mendatang, sambil melakukan adaptasi terhadap mobil balapnya jelang kompetisi F3.

Berita Terkait

Berita Terkait