POPULAR STORIES

Pembalap Yamaha Berusia 13 Tahun Kibarkan Merah Putih Di Sirkuit Suzuka

Pembalap Yamaha Berusia 13 Tahun Kibarkan Merah Putih di Sirkuit Suzuka Aksi Aldi Satya (ist)

KabarOto.com - Pembalap rookie atau pendatang baru binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI), Aldi Satya Mahendra, menunjukkan performa menggembirakan dengan berhasil merebut podium juara Underbone 150 cc (UB150), dalam gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (30/6/2019).

Aldi sukses mengalahkan para seniornya, bahkan itu terjadi dalam kondisi yang relatif sulit dimana balapan UB150 race ke-2 berlangsung dalam kondisi trek basah (wet-race). Namun pembalap berusia 13 tahun itu, dapat mengontrol power motor Yamaha MX King 150 dan menjaga ritme balap di barisan depan.

Baca Juga: Kirim Ucapan Ulang Tahun Ke Yamaha Yuk! Ada Hadiah Motor

"Pada awal lap, setelah lepas start Aldi mencoba untuk memiringkan motor untuk mengetahui kondisi ban, karena kondisi lintasan basah. Alhamdulilah, kondisi ban terasa enak namun saya sempat hampir jatuh kena genangan air dan sempat tercecer pada lap ke-3. Namun Aldi berupaya untuk mengejar lagi rombongan di depan," tutur Aldi.

Aldi Satya yang tahun ini berusia 13 tahun

Namun rekan satu tim Aldi Satya Mahendra, yaitu Wahyu Nugroho mengalami tabrakan. Rider asal Boyolali, Jawa Tengah usia 16 tahun ini tidak dapat menghindari pembalap di depannya yang terjatuh karena memang jaraknya sangat dekat. Padahal lap-lap awal Wahyu sebelum terjatuh sudah di posisi rombongan depan dengan Aldi.

"Race ke-2 ini, motor saya sudah sangat baik. Hanya memang kurang beruntung di lap ke-3, saat itu saya di over take oleh 2 pembalap dan salah satu pembalap itu terjatuh hingga saya tidak dapat menghindar karena jatuh sangat dekat di depan saya. Di seri China nanti, saya akan berusaha lebih baik lagi," Jelas Wahyu.

Aldi dan Wahyu

Saat ini, Aldi ada di posisi ke-9 (40 poin) dalam klasemen sementara UB150, sedangkan Nugroho berada di peringkat ke-13 (32 poin). M Abidin, General Manager After Sales dan Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memahami, bahwa ini adalah tahun pertama keduanya bersaing di balap level internasional.

Baca Juga: Usulan Kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor DKI Jakarta Ditanggapi Yamaha

"Sebagai pembalap muda belia yang baru masuk kancah balap international, Wahyu Nugroho sudah meraih podium 3 di thailand dan sekarang Aldi Satya mampu mengukir sejarah pembalap termuda sebagai juara seri ARRC Suzuka, Jepang. Semoga hasil ini kembali menjadi pemicu semangat pada race-race mendatang untuk pembalap muda masa depan Indonesia ini," ujar Abidin.