POPULAR STORIES

Pembangunan Tol Japek II Dilanjutkan, Jasa Marga Himbau Pengguna Tol Atur Waktu Perjalanan

Pembangunan Tol Japek II Dilanjutkan, Jasa Marga Himbau Pengguna Tol Atur Waktu Perjalanan Tol Jakarta-Cikampek II (JM)

KabarOto.com - Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 baru saja usai. Pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang sebelumnya sempat terhenti, kini kembali dilanjutkan. Salah satunya adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II (Elevated).

Hingga 4 Januari 2019, pekerjaan konstruksi Jalan Tol Japek II (Elevated) telah mencapai 62%. "Saat ini proyek masih fokus melakukan pekerjaan pengangkatan Steel Box Girder (SBG) dengan sisa pekerjaan kurang-lebih 1.200 buah dan pengecoran slab (badan jalan)," ujar Djoko Dwijono Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC).

Baca Juga: Ternyata Segini Biaya Lewat Tol Trans Jawa Dari Merak-Pasuruan

Sebelumnya, pembangunan Jalan Tol Japek II (Elevated) sempat dilakukan pembatasan pekerjaan major item (pengangkatan SBG dan pengecoran slab) beberapa saat, demi kelancaran lalu lintas pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang baru saja usai.

Kerap menimbulkan kemacetan parah saat proses pembangunan

Sesuai Surat Pemberitahuan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang menindaklanjuti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.PM 115 Tahun 2018, pembangunan Jalan Tol Japek II (Elevated) dihentikan sementara pada tanggal 21, 22, 25, 28, 29 Desember 2018, dan 1 Januari 2019.

Jalan tol layang sepanjang 36,4 km ini dibangun untuk mengatasi volume lalu lintas yang telah melebihi kapasitas pada Jalan Tol Japek eksisting. Jalan Tol Japek eksisting sendiri tepat berada di bawah Jalan Tol Japek II (Elevated).

"Kini, kami fokus untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik lagi, memperhatikan keselamatan konstruksi, pemakai jalan, dan lebih meningkatkan traffic management dalam pelaksanaan konstruksi untuk seminimal mungkin mengganggu kelancaran lalu lintas," tegas Djoko.

Baca Juga: Awas Macet, 2 Gardu Transaksi Gerbang Tol Kamal 1 Ditutup 20 Hari

Adapun waktu pengerjaan proyek kontruksi akan dilakukan pada waktu window time yaitu antara pukul 22.00-05.00 WIB. "Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengatur waktu perjalanan dan antisipasi kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan dalam pengerjaan proyek jalan tol ini," pungkas Djoko.

Di tempat lain, pengoperasian secara fungsional Jalan Tol Manado-Bitung yang dikelola oleh PT Jasamarga Manado Bitung (PT JMB), salah satu kelompok usaha PT Jasa Marga juga telah berakhir pada hari Sabtu (05/1) pukul 17.00 WITA. Selanjutnya, PT JMB akan melanjutkan pembangunan ruas tol tersebut.

Tol Manado-Bitung

"Kami mengoperasikan jalan tol ini secara fungsional dari tanggal 24 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019 untuk arah dari Manado menuju ke Bitung karena banyak warga Manado yang ingin berlibur saat Natal atau tahun baru di daerah Bitung dan sekitarnya. Kemudian, sejak tanggal 2 hingga 5 Januari 2019 adalah arus balik warga Manado yang berlibur tersebut," ujar Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung.