POPULAR STORIES

Ternyata Segini Biaya Lewat Tol Trans Jawa Dari Merak-Pasuruan

Ternyata Segini Biaya Lewat Tol Trans Jawa Dari Merak-Pasuruan Iluatrasi tol Trans Jawa (ist)

kabarOto.com - Bertempat di Jembatan Kali Kuto, yang menjadi ikon Jalan Tol Trans Jawa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pemalang-Batang sepanjang 34 Km, Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 Km dan Jalan Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 33 Km, pada Kamis (20/12).

Peresmian ini, menandakan beroperasinya Tol Trans Jawa seutuhnya. Setelah sebelumnya Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono, Jalan Tol Jombang-Mojokerto Segmen Bandar-Kertosono, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati dan Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol, juga diresmikan dihari yang sama.

Jembatan Kalikuto ikon tol Trans Jawa

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa dari total 1.150 Km Tol Trans Jawa, sepanjang 933 Km Tol Trans Jawa telah tersambung sepenuhnya dari Merak-Grati (Pasuruan).

Baca Juga: Satgas Jasa Marga Bakal Mengawal Libur Natal Dan Tahun Baru

"Penyelesaian pembangunan ini melengkapi ruas-ruas jalan tol yang telah dioperasikan pada masa sebelumnya, yakni pada kurun 1978 hingga 2004 sepanjang 242 Km jalan tol, serta pada kurun waktu 2005 hingga 2014 sepanjang 75 Km," ungkap Basuki.

Infografis tarif tol Trans Jawa (JM)

Dengan demikian, jaringan Jalan Tol Trans Jawa mulai dari Merak-Grati (Pasuruan) telah dapat dinikmati oleh para pengguna jalan tol terutama untuk arus mudik dan balik libur Natal tahun 2018 dan tahun baru 2019.

Lalu bagaimana dengan tarifnya? dari 19 ruas tol yang telah dibuka, masing-masing memiliki tarif yang berbeda-beda. Dari Merak sampai ke Tanggerang misalnya, tarif tol golongan 1 untuk jarak sejauh 72,45 km tersebut adalah Rp 41 ribu.

Baca Juga: Pertamina Siapkan KiosK, Motor Kemasan Dan Mobil Dispenser Di Tol Trans Jawa

Paling murah adalah ruas Gempol-Pandaan sejauh 2,66 km dengan tarif Rp 2.500. Sedangkan paling mahal adalah ruas tol Solo-Ngawi, dengan tarif Rp 86.500. Jadi, bila ada pengemudi yang ingin menggunakan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Grati, biaya yang dikeluarkan dapat mencapai Rp 570.500.

Namun total angka tersebut nantinya dapat berubah lagi, karena hingga saat ini sebagai bagian dari sosialisasi, selama arus mudik balik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, ketujuh ruas yang baru saja diresmikan akan diberlakukan tarif pengoperasian Rp 0,- alias gratis. Yang mau liburan, jangan lupa siapkan saldo e-Toll yang cukup ya!