Pembatas Jalan Tabung Silinder Bakal Digunakan Pemprov Jabar

Pembatas Jalan Tabung Silinder Bakal Digunakan Pemprov Jabar Teknologi Road Barrier akan digunakan oleh Pemprov Jawa Barat (Youtube)

KabarOto.com - Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah guna mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya. Hal ini pun tidak luput dari perhatian PemProv Jawa Barat.

Dimana Pemprov Jawa Barat berencana akan menerapkan teknologi pengaman baru pada pembatas jalan yang berada dekat jurang.

Baru-baru ini sang Gubernur, Ridwan Kamil mengunggah sebuah gambar pembatas jalan yang berbentuk tabung silinder berwarna kuning di instagram pribadinya @ridwankamil.

Dalam unggahan tersebut sang Gubernur menuliskan, "Untuk mengurangi kecelakaan di jalan besar antarkota propinsi yang berliku dan banyak melewati jurang. Pemprov Jabar akan menggunakan teknologi terbaru pagar pembatas jurang bersilinder putar," tulis Ridwan Kamil.

Baca Juga: Test Drive DFSK Glory 580: Tenaga 150 DK Menaklukkan Ciletuh

(Baca Juga : Rem Bermasalah, 230 Ribu Kendaraan Produksi GM di Tarik)

Dalam unggahanya tersebut, Kang Emil biasa disapa, menjelaskan bagaimana teknologi ini bekerja.

"Pagar ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar. ia mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi, sehingga mobil menjadi melipir ke samping ketimbang terus ke depan. Sementara teknologi ini adalah buatan Korea Selatan. Semoga solusi ini membuat jalanan kita lebih aman. Hatur Nuhun," imbuh Ridwan.

Dengan diberi warna kuning, silinder ini tak hanya menarik untuk dilihat namun juga dapat membantu menyelematkan nyawa seseorang.

Pembatas dengan sistem rol keamanan ini, terdiri dari tabung baja kokoh, di antara silinder plastik yang berfungsi sebagai peredam kejut yang berputar pada porosnya.

Walaupun teknologi sebenarnya bukanlah teknologi baru, namun diharapkan dapat membantu mengurangi dampak kecelakaan di jalan raya, terutama di jalan-jalan yang banyak melewati pinggir jurangnya seperti yang baru-baru ini terjadi di daerah Citarik.

Berita Terkait

Berita Terkait