POPULAR STORIES

Test Drive DFSK Glory 580: Tenaga 150 DK Menaklukkan Ciletuh

Test Drive DFSK Glory 580: Tenaga 150 DK Menaklukkan Ciletuh Test Drive Glory 580 ke Ciletuh

KabarOto.com - Satu tahun menapaki industri otomotif Tanah Air, kiprah DFSK Glory 580 di Indonesia masih terbilang seumur jagung.

Namun begitu, dari sisi harga Glory 580 bisa jadi pilihan baru bagi masyarakat yang menginginkan sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) dengan harga yang cenderung lebih terjangkau, namun punya ragam fitur berlimpah.

Beda dengan pabrikan asal Tiongkok sebelumnya yang tidak bertahan lama. DFSK memberikan beragam improvement pada Glory 580 yang kini menggoda publik di Indonesia.

Tak sekadar fitur dan harga terjangkau, mobil yang dipersenjatai mesin 1.500 cc tersebut memiliki output tenaga mencapai 150 dk dengan torsi 220 Nm, pada putaran mesin 1.800 hingga 4.000 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi Continous Variable Transmission (CVT).

Mesin DFSK Glory 580

Kinerja Mesin

Performanya terbilang mencukupi, walau harus mengangkat bobot bodi di kisaran 2.035 kg. Berdasarkan hasil pengujian KabarOto, mesin 1.500 cc tersebut tidak seperti yang orang banyak bayangkan. Menempuh jarak BSD - Ciletuh - BSD, justru Glory 580 ternyata lancar saja menempuh beragam rute jalan.

Baca Juga: DFSK Glory 580 Menyapa Kota Kembang

Trek yang redaksi KabarOto lalui untuk menjajal ketangguhan performa Glory 580 terbilang cukup berat. Mulai dari menelusuri jalur Cikidang yang cukup ekstrem dengan dominasi jalan perbukitan dan kelokan tajam, mobil ini masih lancar menaklukkan medan jalan.

Namun sebagai catatan saat menghadapi jalanan tingkat kemiringan sekira 45 derajat, pengemudi harus cepat memindahkan mode transmisi ke mode 'S'.

Dengan begitu performa mesin akan jauh lebih bertenaga. Hentakan putaran mesin pun sudah mulai terasa berbeda sejak 2.800 rpm.

Selain itu, dalam menghadapi jalanan dengan kontur menanjak maupun menurun yang cukup curam, pengemudi diharapkan untuk bisa mengatur momen clutch shifting secara cerdas, agar dapat memanfaatkan momentum tenaga dapat bekerja dengan baik.

DFSK Glory 580

Saat diajak meliuk-liuk menghadapi jalan Ciletuh dengan dominasi tanjakan yang terbilang curam, Glory 580 masih cukup enjoy dikemudikan. Suspensi pun mampu meredam bantingan, kala menghadapi jalanan yang berliku dan mampu menjaga kenyamanan di kabin.

Oh, iya.. Dalam pengujian KabarOto yang menempuh jarak 524 kilometer, konsumsi bahan bakar Glory 580 berada di kisaran 11,8 km/l. Hasil ini diperoleh menggunakan metode pengisian full to full, dengan rute jalan kombinasi, mulai dari jalan tol JORR hingga Jagorawi, lalu sepanjang rute pengetesan hingga Ciletuh dan kembali lagi.

Fitur Berlimpah

DFSK Glory 580 telah didukung tingkat keamanan dan keselamatan ala bintang lima. Beberapa fitur andalan yang telah tersemat pada DFSK Glory 580 antara lain Electronic Brake Assist (EBA), Electronic Brake Distribution (EBD) braking force distribution system dan telah disematkan 4 airbags.

Untuk menunjang kenyamanan, SUV asal Tiongkok yang telah diproduksi di pabrik yang berada di Cikande, Tangerang tersebut disematkan sistem McPherson independent pada suspensi depan, serta didukung 4 rem cakram, yang dilengkapi EPB (Electric Parking Brake).

Fitur lain yang juga tersemat pada DFSK Glory 580 antara lain Electric Stability Program atau yang umum dikenal dengan electronic stability control atau dynamic stability control.

Teknologi ini mampu meningkatkan stabilitas kendaraan dengan mendeteksi dan mengurangi hilangnya traksi (tergelincir). Terbukti saat bermain di area pantai yang berpasir, saat pedal gas diinjak semakin dalam. Glory secara otomatis akan mengurangi putaran mesin untuk mencari traksi ideal, sebelum mulai jalan lagi.

Dalam kondisi 'On', pengereman secara otomatis diterapkan pada roda secara individual, seperti roda depan luar untuk melawan oversteer atau roda belakang bagian dalam untuk melawan understeer.

Selain fitur itu, ada juga Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), Electronic Parking Brake (EPB), Hydrolic Brake Assistance (HBA), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD).

POPULAR STORIES