Pembelian Mobil Secara Tunai Selama Pandemik Covid-19 Meningkat

Pembelian Mobil Secara Tunai Selama Pandemik Covid-19 Meningkat

KabarOto.com - Saat membeli mobil, tentu dihadapkan pada pilihan pembayaran, secara tunai atau kredit. Jika memiliki uang, konsumen pasti membeli dengan menggelontorkan uang agar tidak membayar cicilan tiap bulan.

Namun, banyak juga konsumen yang melakukan pembelian mobil dengan cara kredit. Bahkan, perusahaan pembiayaan menawrakan program kredit yang menarik, dengan uang muka kecil, atau cicilan yang murah dengan jumlah tenor yang tidak memberatkan konsumen.

Baca Juga: Plus Minus Beli Mobil Cash Atau Kredit, Begini Penjelasannya Sob!

Ada fakta menarik soal pembelian mobil selama pandemik Covid-29 ini. Toyota Astra Motor (TAM) membeberkan, sebelumnya pembeian mobil didominasi dengan metode kredit. namun kini komposisinya berimbang antara kredit dan tunai.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) memaparkan, pembelian mobil Toyota baru, baik secara tunai dan kredit jumlahnya berimbang, tahun lalu pembelian dilakukan secara tunai.

"Trennya agak bergeser dari waktu ke waktu. Saat ini sebenarnya hampir ­50-50. Hanya tahun lalu tunai lebih tinggi, sekitar 55-45," terang Anton, dalam diskusi virtual dengan media otomotif belum lama ini.

Sebelum pandemik, konsumen mayoritas membeli kendaraan dengan cara kredit. Saat pandemik, perusahaan pembiayaan tak mau ambil resiko, dengan memberikan syarat pengajuan kredit yang ketat. Hal itu membuat banyak konsumen yang beralih membeli secara tunai.

Baca Juga: Hindari Kredit Kendaraan Macet Dengan Cara Ini

"Beberapa tahun lalu memang kredit lebih tinggi, kira-kira 55% kredit 45% tunai, tapi karena pandemik sedikit berubah," terang Anton. Menurutnya, pembelian tunai sejak tahun lalu sudah meningkat.