POPULAR STORIES

Plus Minus Beli Mobil Cash Atau Kredit, Begini Penjelasannya Sob!

Plus Minus Beli Mobil Cash Atau Kredit, Begini Penjelasannya Sob!

KabarOto.com – Membeli kendaraan roda empat bisa dilakukan dengan cara tunai (cash) atau kredit. Sobat Kabaroto bisa menentukan pilihan sesuai dengan rencana keuangan keluarga.

“Pertimbangkan secara bijak sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara tunai atau kredit sesuai kemampuan keuangan Anda,” terang Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 70th Anniversary Diproduksi Terbatas

Sebagai perbandingan, pembayaran secara tunai memiliki keuntungan tidak perlu memikirkan pelunasan dan fokus untuk biaya operasional. Namun, kelemahannya adalah konsumen harus menyediakan dana besar sekaligus yang bisa menghabiskan tabungan dan mengurangi pilihan model mengingat adanya batasan uang tunai.

Sedangkan, membeli mobil secara kredit membuat pelanggan dapat langsung membeli mobil baru walaupun dana belum terkumpul disertai pilihan model lebih luas mengingat tidak dibatasi oleh uang tunai sepanjang cukup untuk membayar down payment (DP).

Baca juga: Toyota LQ, Konsep Mobil Futuristik Canggih Tampil Di Olimpiade 2020

Keuntungan finansial bisa diperoleh lantaran konsumen dapat mengatur DP dan angsuran perbulan sesuai dengan rencana keuangan tanpa perlu mengganggu budget lainnya.

Tapi, pembelian mobil secara kredit pasti lebih tinggi karena adanya biaya tambahan seperti bunga cicilan. Selain itu, proses ini melibatkan pihak ketiga, yang bisa saja menolak pengajuan kredit. Bahkan, selain risiko masalah andai mengalami kesulitan pembayaran angsuran berjalan, yang terburuk mobil bisa ditarik oleh leasing