Pemenang Kejurnas Rally Kelas F1 Bakal Dapat Piala Khusus Dari Rifat Sungkar

Pemenang Kejurnas Rally Kelas F1 Bakal Dapat Piala Khusus dari Rifat Sungkar Foto: Kipli

KabarOto.com - Wacana tentang pelaksanaan kelas F1 pada Kejurnas rally tahun 2019 tinggal menghitung hari. Mobil-mobil yang dapat ikut di kelas F1 sendiri, dibagi antara mobil produksi tahun 1997 ke bawah serta mobil produksi tahun 1997 ke atas.

“Tujuannya adalah karena kami di komunitas rally dan sprint rally ingin merangkul sebanyak-banyaknya peserta. Mereka yang memiliki mobil lawas bisa ikut, mereka yang memiliki mobil masa kini juga dapat ikut terjun langsung merasakan serunya kompetisi rally,” imbuh Rifat.

“Di bawah tahun 1997 modifikasi mobil diberikan keleluasaan mesin yang lebih bebas, namun mereka punya kekurangan pada handling dan sasis mobil. Sementara mobil baru kami batasi modifikasi namun mereka sudah lebih diuntungkan dengan teknologi handling dan sasis mobil yang lebih canggih,” beber kakak kandung Rizal Sungkar itu.

Baca Juga: Kelas F1 Jadi Supporting Race Kejurnas Rally, Ini Kata Pereli Senior

Adapun mobil-mobil yang masuk ke dalam kategori kelas F1, yaitu: Hyundai i20, Honda Jazz, Suzuki Swift, Daihatsu Sirion, Mazda 2, VW Polo, Kia Rio, Chevrolet Spark, Toyota Yaris, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Nissan March, dan Mitsubishi Mirage.

Sementara itu, di luar Kejuraan Nasional, Rifat pun akan menyediakan satu piala khusus bagi para peserta non seeded kelas F1, yaitu Helmy Sungkar Trophy yang menjadi persembahan bergengsi bagi peserta berprestasi. Rifat pun berterima kasih kepada semua pihak yang memiliki satu visi dan misi sama, yaitu untuk membangkitkan kancah reli Tanah Air.

“Ayah saya memiliki dedikasi yang tinggi terhadap dunia reli Indonesia dan dia peduli sekali dengan perkembangan komunitas anak muda di kancah reli. Harapannya Helmy Sungkar Trophy ini bisa menjadi motivasi utama mereka-mereka yang di tahun ini akan berlomba di kategori non seeded kelas F1,” pungkas Rifat.