POPULAR STORIES

Pemerintah Diminta Realisasikan Jalur Puncak II Buntut Macet Panjang Akhir Pekan Kemarin

Pemerintah Diminta Realisasikan Jalur Puncak II Buntut Macet Panjang Akhir Pekan Kemarin Buka tutup jalur Puncak dilakukan untuk menghindari kemacetan (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Saat libur panjang, sebagian warga Jabodetabek memilih untuk berlibur ke kawasan Puncank, Bogor, Jawa Barat. mereka menggunakan sepeda motor dan mobil untuk bisa menyambangi tempat yang berada di dataran tinggi tersebut. selain udara sejuk, banyak makanan khas Sunda yang dijajakan di wilayah tersebut.

Kemacetan panjang pun kerap menghiasai kawasan ini. Paling baru, saat libur panjang akhir pekan kemarin, ribuan kendaraan roda dua dan empat terjebak dalam kemacetan hingga berjam-jam. Kemecaten terjadi di jalur I tepatnya Jalur Gadog, Cisarua, Puncak hingga Cianjur.

Baca Juga: Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Libur Panjang

Kemacetan di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat (Foto: Istimewa)

Jalur Puncak II pun yang melintasi di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, menjadi jalur alternatif para pengendara yang terjebak macet di jalur utama. Ada ratusan kendaraan memilih jalan ini untuk menempuh perjalanan dari Puncak menuju Bogor.

Herman Suherman, Bupati Cianjur, berharap pemerintah pusat bisa segera merealisasikan pembangunan jalur Puncak II. Pemerintah Kabupaten, sebelumnya telah menganggarkan dana Rp 6 miliar, guna membangun jalan tembus Puncak II menuju jalur utama.

"Kita harap segera terwujud pembangunan Puncak II dari anggaran pusat karena mengandalkan anggaran dari pemerintah daerah sangat minim," jelas Herman, akhir pekan lalu.

Jalur Puncak II adalah alternatif satu-satunya untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Puncak. Jalur Puncak II saat ini kondisi jalannya licin dan rusak, akibat tanah dari tebing yang menutupi jalan itu.

Baca Juga: 5 Polres Akan Dirikan 25 Titik Pemeriksaan Di Jalur Menuju Puncak

Namun, jalur ini diyakini sebagai alternatif, untuk tiba di Bogor, pengendara hanya membutuhkan waktu maksimal 4 jam untuk tiba di Bogor. Tentu, waktunya lebih cepat dibanding melintasi jalan utama yang bisa ditempuh hingga 8 jam.