Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Libur Panjang

Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Libur Panjang Tol Dalam Kota menuju Merak (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Memanfaatkan libur panjang Isra Miraj, 25-28 Februari 2022, sebagian masyarakat Jabodetabek melakukan perjalanan ke berbagai kota, bersama keluarga. PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mencatat 347.711 kendaraan keluar Jabotabek.

Jumlah itu 27,12% dari kondisi lalu lintas normal, yang mencapai 273.539 kendaraan, keluar melalui 4 Gerbang Tol (GT) Utama, yakni Cikupa, Ciawi, Cikampek dan Kalihurip untuk yang mengarak ke Bandung dan Trans Jawa.

Baca Juga: Siap-Siap, 12 Jalan Tol Ini Tarifnya Bakal Naik

Tol Jagorawi menjadi jalur masyarakat yang berlibur ke Puncak, jawa Barat (Foto: jasa Marga)

Dari angka yang disebtukan Jasa Marga, ada kemungkinan potensi arus balik cukup banyak, sehingga akan terjadi kepadatan. Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru meminta masyarakat yang melakukan perjalanan bisa mengatur waktu kembali ke Jabotabek yang diprediksi mencapai puncaknya, Senin (28/01/2022).

Heru menyarankan pengguna jalan menghindari waktu tersebut. "Pengguna jalan tol harus berkendara dengan aman, di antaranya mematuhi aturan batas kecepatan di jalan tol yang harus dipatuhi, sesuai dengan rambu yang terpasang," terangnya.

Baca Juga: Omicron Menyebar Cepat, 5 Pintu Tol Menuju Bandung Ditutup

Pengendara juga wajib memastikan kondisi mobil yang digunakan dan juga fisik harus terjaga. Jika lelah dan mengantuk, disarankan untuk beristirahat. Pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian, untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, serta menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan.