POPULAR STORIES

Omicron Menyebar Cepat, 5 Pintu Tol Menuju Bandung Ditutup

Omicron Menyebar Cepat, 5 Pintu Tol Menuju Bandung Ditutup Gerbang Tol Pasteur (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Covid-19 masih terus menghantui Indonesia, penyebarannya begitu cepat. Diprediksi, puncak gelombang ketiga ini berlangsung sampai Februari 2022. Untuk mencegah penyebaran varian Omicron, 5 gerbang tol di Kota Bandung, Jawa Barat akan ditutup selama akhir pekan.

Kelima gerbang tersebut adalah Pasteur, Kopo, Pasir Koja, Mohammad Toha dan Buah Batu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun sudah menyerahkan skema ini kepada Polda Jawa Barat.

Baca juga: Ini Jalan Tol Terpendek Di Indonesia, Hanya 2 KM

"Itu saya serahkan skema sepenuhnya pada kepolisian yang mengatur karena jalur naiknya Omicron di Jabar itu Kota Bandung, ibu kota Jawa Barat. Jalurnya dari Cipularang," terang Ridwan Kamil, dalam keterangan kepada media, hari ini (11/02).

Gerbang Tol Buah Batu (Foto: Istimewa)

Penutupan lima gerbang tol menuju Bandung itu, karena saat ini statusnya ditetapkan menjadi PPKM Level 3. Pembatasan mobilitas di dalam kota pun akan diterapkan, untuk mencegah penyebaran yang lebih masif.

Pria yang biasa disapa Emil ini menilai, banyak wisatawan lokal yang pergi berlibur ke Bandung karena untuk menuju kota Kembang ini tidak perlu menggunakan pesawat. Pengelola hotel di Bandung, menurut dia harus melakukan pengetesan yang ketat secara random kepada karyawan, untuk memastikan wisatawan yang datang dalam kondisi sehat.

Baca juga: Sepanjang 11,45 Km, Seksi 1 Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi

"Kalau piknik pasti banyak yang memilih ke Bandung terkait repotnya naik pesawat," ujarnya. Ia pun menilai pengetesan random diperlukan, khususnya pada karyawan hotel, karena potensi penularan dimungkinkan datang dari tempat penginapan.