POPULAR STORIES

5 Polres Akan Dirikan 25 Titik Pemeriksaan Di Jalur Menuju Puncak

5 Polres akan Dirikan 25 Titik Pemeriksaan di Jalur Menuju Puncak Polisi akan berlakukan aturan ganjil genap dan pemeriksaan sertifikat vaksinasi di jalur Puncak (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Menjelang liburan natal dan tahun baru, pemerintah melakukan upaya agar tidak terjadi lonjakan angka penularan Covid-19.

Apalagi, saat libur tahun baru yang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk pergi ke tempat hiburan dan kampung halaman.

Salah satu daerah wisata yang menjadi tujuan liburan adalah Puncak, Jawa Barat. Ribuan orang setiap akhir pekan dan akhir tahun selalu memadati tempat yang dikenal dengan udaranyayang sejuk ini.

Baca juga: Penyebaran Covid-19 Sudah Menurun, Jalur Puncak Masih Berlakukan Ganjil Genap

Dalam rangka mengendalikan mobilitas dan keramaian ke arah Puncak. Pihak Kepolisian sudah melakukan koordinasi mendirikan titik pemeriksaan sertifikat vaksinasi Covid-19, saat moment Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Kepadatan yang terjadi saat akhir pekan di Puncak, Jawa Barat (Foto: Istimewa)

Lima Kapolres di Jawa Barat, rencananya akan mendirikan 25 check point (titik pemeriksaan) di jalur Puncak. Di antaranya Polres Bogor, Polresta Bogor, Polres Sukabumi, Polresta Sukabumi, dan Polres Cianjur.

Lima Polres tersebut, akan berkoordinasi khusus, untuk mengantisipasi kepadatan juga kerumunan di jalur Puncak selama libur Natal dan tahun baru.

“Rinciannya 10 titik di Kabupaten Bogor, enam titik di Kota Bogor, tiga titik di Kabupaten Sukabumi, dan dua titik di Kota Sukabumi, dan empat titik di Kabupaten Cianjur,” terang AKBP Harun, Kapolres Bogor.

Ia menambahkan, Kepolisian sepakat dengan menerapkan beberapa skenario rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap, contra flow atau lawan arus, juga menjalankan sistem buka tutup jalur.

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap Di Jalur Puncak Akan Dibuat Permanen

Penyaringan ganjil-genap ada di jalan tol. "Kemudian melihat jalan crowded atau bagaimana, nanti akan kita gunakan rekayasa lalu lintas,” terang Harun.

Menurutnya, bisa dilakukan pengalihan atau disesuaikan dengan kapasitas dan lainnya.