POPULAR STORIES

Aturan Ganjil Genap Di Jalur Puncak Akan Dibuat Permanen

Aturan Ganjil Genap di Jalur Puncak akan Dibuat Permanen Polisi berjaga di jalur Puncak (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Dalam rangka mengurangi kepadatan di jalur puncak, Pemerintah Kabupoaten Bogor beserta Polres Bogor memberlakukan sistem ganjiil genap. Sistem yang mulai diberlakukan pekan kemarin tersebut, mampu menekan kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata tersebut.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bogor dan Polres Bogor berencana untuk memperpanjang aturan ganjil genap tersbut, setiap akhir pekan, menggantikan satu jalur yang selama ini belum efektif.

Baca juga: Jalur Puncak Akan Diberlakukan Ganjil Genap Saat Akhir Pekan

Kepadatan di jalur Puncak, saat akhir pekan (Foto: Istimewa)

Ade Yasin, Bupati Bogor mengatakan, aturan ini nanti akan dibuat permanen. "Nanti akan dibuat aturan permanen, segera dibuat," jelas Ade Yasin. Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, Pemerintah mendukung aturan tersebut, dan segera dibuat aturan permanen.

Baca juga: Mulai Akhir Pekan Ini Bandung Terapkan Ganjil Genap

Adapun pemeriksaan dibagi menjadi 7 titik, di antaranya pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di kawasan Sentul.

Setiap kendaraan pribadi yang pelat nomornya tidak sesuai dengan angka genap atau ganjil pada tanggal sesuai kalendar, nantinya akan diputar balik. Pengendara juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas melalui aplikasi PeduliLindungi.

Melalui aplikasi PeduliLindungi bisa terlihat pengendara sudah divaksin atau belum. Penyaringan menurut dilakukan dua kali, sistem ganjil genap dan juga melalui sertifikat vaksinasi.