POPULAR STORIES

Penyebaran Covid-19 Sudah Menurun, Jalur Puncak Masih Berlakukan Ganjil Genap

Penyebaran Covid-19 Sudah Menurun, Jalur Puncak Masih Berlakukan Ganjil Genap Polres Bogor terapkan Ganjil genap di Pucka, (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Meski vaksinasi sudah melampaui target, dan situasi Pandemik Covid-19 sudah membaik, namun kebijakan ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat masih diberlakukan setiap akhir pekan yakni Jumat, Sabtu dan Minggu.

Ade Yasin, Bupati Bogor, Jawa Barat mengatakan, selama PPKM level 2, kebijakan ganjil genap akan tetap diberlakukan, sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata, seperti Puncak dan Sentul.

Baca juga: Jalan Tol Akan Diberlakukan Ganjil Genap, Catat Tanggalnya

"Kita masih tetap memberlakukan kebijakan ganjil genap di Puncak dan Sentul," jelas Ade, Jumat (03/12).

Kebijakan yang diambil, sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan atau mobilitas warga di masa periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ganjil genap di Puncak (Foto: Istimewa)

Skema ganjil genap yang dilihat dari pelat nomor, masih akan dilakukan hingga tahun baru. Ia menambahkan, untuk mencegah dan mengurangi adanya kerumunan di malam tahun baru, kemungkinan jalur kawasan wisata Puncak-Bogor, akan ditutup.

"Tapi biasanya setiap tahun baru ada tradisi. Jadi nanti ada penutupan sementara karena kita mencegah kerumunan," terangnya.

"Saya kira ini juga sedang kita bahas dengan satgas Covid-19," terang Ade lagi. Selama pemberlakuan ganjil genap, sebanyak delapan titik pos pemeriksaan sudah disiapkan, untuk menghindari kendaraan yang tidak menggunakan pelat nomor yang sesuai dengan aturan yang.

Baca juga: Polda Metro Jaya Tambah Lokasi Ganjil Genap Menjadi 13 Titik

Kendaraan pribadi yang pelat nomornya tidak sesuai di kawasan ganjil genap, akan diputar balik oleh petugas gabungan di pos pemeriksaan.

Beberapa kendaraan yang dikecualikan adalah pemadam kebakaran, ambulans dan angkutan darurat lainnya.