POPULAR STORIES

Pemerintah Mulai Kerjakan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Pemerintah Mulai kerjakan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Ilustrasi jalan tol (PUPR)

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia, saat ini terus mendorong pembangunan infrastruktur di beberapa wilayah, mulai dari dari pembangunan tol di Kalimantan, Sulawesi, hingga jalan raya di Papua. Di pulau Jawa sendiri, salah satu yang telah dilakukan adalah pembangunan Jalan Tol Trans Jawa.

"Beberapa bulan lalu Tol Trans Jawa diresmikan dari Merak sampai dengan Pasuruan, dan akan kita teruskan ke Banyuwangi melewati jalur tengah. Hari ini kita mulai pembangunan tol meneruskan dari Semarang ke Surabaya di jalur utara," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Menikmati Karya Akira Nakai Pada Porsche RWB 08

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa dalam pembangunan Jalan Tol Semarang – Demak sepanjang 27 Km tersebut, nantinya akan terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang.

"Pada tahap awal kita bangun Semarang-Demak yang digabungkan dengan tanggul laut sekaligus untuk menanggulangi rob di semarang," jelas Basuki.

Sekaligus menanggulangi rob di Semarang

Pembangunan ini sendiri, dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 15 triliun.

Selanjutnya, Tol Semarang-Demak akan diteruskan ke Kudus-Pati-Rembang-Lasem-Tuban. Selain itu juga akan dibangun tol yang akan menghubungkan Kendal dengan Pelabuhan Semarang.

Semakin tersambungnya jaringan jalan tol di Pulau Jawa, juga akan membawa banyak perubahan perilaku masyarakat.

"Kini ada travel di Surabaya khusus ke Solo untuk kuliner. Kehadiran tol juga merubah perilaku pengusaha, karena bongkar muat barang tidak hanya di Pelabuhan Tanjung Priok tetapi bisa dibawa ke Semarang," paparnya.

Danang saat memberikan penjelasan

Sementara itu, Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak akan meningkatkan konektivitas dari Semarang ke arah Demak, hingga Gresik dan Surabaya. Selain itu, juga akan merevitalisasi kawasan industri yang ada disekitar wilayah tersebut, termasuk di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Galeri Foto Concours D’Elegance Jakarta

"Setelah jalan tolnya terbangun dan tersambung menuju kawasan industri, nantinya tidak lagi terdampak banjir rob, sehingga bisa membangkitkan kembali ekonomi masyarakat dan pasar industri barang dan jasa yang ada," kata Danang.

Pembangunan jalan tol sepanjang 27 Km ini ditargetkan akan memakan waktu 2 tahun. Lahan yang dibutuhkan untuk membangun Jalan Tol Semarang - Demak seluas 1.887.000 meter persegi, dan dibagi menjadi dua seksi, yatu seksi I Kota Semarang dan Seksi II Kabupaten Demak.