POPULAR STORIES

Pemerintah Panggil PT ADM Soal Polemik Manipulasi Uji Tabrak, Konsumen Diminta Tetap Tenang

Pemerintah Panggil PT ADM Soal Polemik Manipulasi Uji Tabrak, Konsumen Diminta Tetap Tenang Ilustrasi (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan melakukan pertemuan dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mengklarifikasi terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan merek Daihatsu.

Dalam pertemuan itu, PT ADM diminta untuk lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Hal itu agar kendaraan Daihatsu yang digunakan oleh konsumen Indonesia aman.

Baca Juga: Skandal Uji Keselamatan, Daihatsu Hentikan Pengiriman Kendaraan

"Kementerian Perdagangan meminta klarifikasi PT ADM terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan Daihatsu," ujar Direktur Jenderal PKTN Kemendag, Moga Simatupang.

Hal ini diminta Kemendag sebagai upaya ketegasan pemerintah dalam perlindungan konsumen. Kementerian Perdagangan juga akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha akan pentingnya keamanan dan keselamatan produk yang diperdagangkan.

Ditjen PKTN berwenang memastikan terpenuhinya kewajiban pelaku usaha terhadap keselamatan konsumen atas barang yang diperdagangkan di Indonesia. Dalam hal ini, kendaraan bermotor yang dipasarkan PT ADM berkaitan erat dengan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan konsumen.

Produksi domestik ADM berjalan normal

"Sembari menunggu hasil uji pencuplikan (sampling) yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan, konsumen diharapkan tetap tenang dan menggunakan kendaraannya seperti biasa. Kementerian Perdagangan dan pemangku kepentingan lainnya akan terus berupaya menegakkan perlindungan konsumen," kata Moga.

Daihatsu Indonesia sendiri telah memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. PT ADM bersama prinsipal telah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan.

Baca Juga: Terkait Skandal Uji Keselamatan, Daihatsu Indonesia Tangguhkan Kegiatan Ekspor

"Kendaraan Daihatsu juga sudah memenuhi regulasi yang berlaku. Dan, kami pun tetap berkoordinasi dengan otoritas pemerintah Indonesia. Pelanggan Daihatsu tetap dapat menggunakan kendaraannya dengan aman dan nyaman," tulis keterangan resmi Daihatsu Indonesia.