POPULAR STORIES

Pemerintah Targetkan Produksi 10 Juta Unit Sepeda Motor Pada Tahun 2025

Pemerintah Targetkan Produksi 10 Juta Unit Sepeda Motor pada Tahun 2025 IIMS Motobike Expo (KO)

KabarOto.com - Pameran sepeda motor Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike Expo 2019, telah resmi digelar, mulai 29 November hingga 1 Desember. Saat seremoni pembukaan, dihadiri oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam sambutannya, Agus mengatakan bahwa industri sepeda motor nasional saat ini telah berkembang dengan baik, dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor, investasi dan penyerapan tenaga kerja.

Baca Juga: Ini Alasan Gulf Tidak Pasarkan Oli Encer Untuk Indonesia

"Sementara itu, dari sisi produksi dan penjualan sepeda motor nasional sejak 2010 sampai dengan 2018 telah mencapai rata – rata di atas 6,5 juta unit/tahun, dimana tentunya banyak industri komponen lokal yang turut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi tersebut," kata Agung.

Pemerintah targetkan produksi sepeda motor hingga 10 juta unit

Lebih lanjut ia merinci, bahwa produksi sepeda motor periode Januari - Oktober 2019 tercatat sebesar 6,2 juta unit, di mana penjualan domestik sebesar 5,5 juta unit dan ekspor sebesar 682 ribu unit.

"Negara utama tujuan export diantaranya Filipina, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Vietnam, Jepang, Eropa Barat dan Amerika Latin," tutur Agung di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Profil Kawasaki W175TR

Dalam roadmap pengembangan industri kendaraan bermotor, Pemerintah Indonesia menargetkan produksi sepeda motor akan tumbuh menjadi 10 juta unit pada 2025, dengan target ekspor 1 juta unit kendaraan per tahun pada 2025.

2 juta unit produksi sepeda motor listrik pada 2025

"Pemerintah juga mentargetkan sekitar 20 persen dari total produksi nasional, atau sebanyak 2 juta unit pada 2025 adalah sepeda motor listrik," pungkasnya.