POPULAR STORIES

Peminat Gigit Jari, Land Rover Defender Terbaru Belum Bisa Ke Indonesia

Peminat Gigit Jari, Land Rover Defender Terbaru Belum Bisa ke Indonesia Land Rover Defender (Land Rover)

KabarOto.com - Siapa yang tak kenal Land Rover Defender, mobil berkemampuan off-road yang legendaris tersebut, sejak awal kelahirannya pada awal tahun 90an hingga kini masih memiliki penggemar fanatik.

Namun, beberapa waktu lalu, Land Rover terpaksa harus mengakhiri produksi Defender dengan beberapa alasan, salah satunya adalah terkait dengan regulasi emisi gas buang yang dihasilkan.

Baca Juga: Hanya 24 Unit Di Indonesia, Ini Keunggulan MINI Countryman Blackheath Edition

Setelah 'kosong' sekitar 3 tahun, pada akhir tahun 2019 Land Rover resmi menghadirkan Defender model terbaru, menggunakan body L663 yang dikembangkan dari konsep Defender DC100.

Andal di medan off-road seperti pendahulunya

Meskipun model baru ini menua pro kontra di kalangan pecinta Defender sejati, karena karakteristik bodi Defender yang ikonik berubah total, namun ternyata banyak juga yang malah menyukainya.

Nah, salah satu negara yang memiliki banyak penggemar, pada model terbaru itu ternyata adalah Indonesia. Hal tersebut terungkap, saat KabarOto turut serta dalam sesi interview online, bersama William Tjandra selaku President Director TDA Luxury Toys, showroom mobil mewah di kawasan Jakarta Selatan.

"Yang minat (Defender terbaru) banyak sekali, bahkan yang nanya ke kita bisa sampai puluhan orang," ujar William. Sayang, karena efek pandemi Covid-19, mobil istimewa tersebut urung hadir di Indonesia.

William menambahkan, konsumen yang tadinya akan melakukan pembelian pun saat ini akhirnya memilih menunda. "Karena pengaruh Covid-19 barangnya belum bisa masuk sini, sebab di sejumlah negara masih menerapkan lockdown," ungkap pria ramah tersebut.

Tersedia dalam dua pilihan bodi

Sama seperti model sebelumnya, Land Rover menyediakan dua pilihan bodi pada Defender terbaru ini. Pertama long wheel base 110, dan short wheel base 90. Canggihnya, model baru ini menggunakan platform aluminium baru yang disebut D7x.

Baca Juga: Lego Fiat 500, Cocok Buat #DirumahAja

Sebagai sumber tenaga penggerak, Land Rover menyediakan beberapa pilihan mesin. Mulai dari mesin bensin 4 silinder (P300) dan 6 silinder (P400), dan mesin diesel 4 silinder (D200).

Mengenai harga, bila masuk ke Indonesia, Defender terbaru itu bakal menyentuh angka Rp2 Miliar. "Untuk yang short (90) gak beda jauh, selisihnya (lebih murah) Rp 100 - 200 jutaan," pungkas William.